Skip to main content

follow us

Cara Berwudhu dan Doanya Beserta Gambar Peragaannya


Cara Berwudhu yang baik dan benar - Wudhu adalah salah satu syarat sah sholat, jadi intinya orang yang hendak akan melakukan sholat maka ia harus mengambil wudhu dulu. Untuk itu kali ini akan di ulas sedikit mengenai cara berwudhu yang baik dan benar. Cara Berwudhu dan Doanya ini dilengkapi dengan gambar peraganya, jadi akan membantu sekali terlebih bagi yang belum memahami secara benar tentang cara berwudhu.

Namun sebelumnya, sebelum berwudhu baiknya kita harus bersih dari najis-najis besar yang mungkin ada pada badan. Membersihkan dahulu najis-najis yang ada pada badan bisa dilakukan dengan mandi wajib. Setelah sudah bersih dari najis besar barulah bisa langsung berwudhu, dan berikut cara-cara mengerjakan wudhu dan doanya lengkap beserta gambar peraganya :


(1) Membaca "BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM", Sambil mencuci kedua belah tangan sampai pergelangan tangan dengan bersih.


(2) Setelah selesai membersihkan kedua tangan kemudian lanjut berkumur-kumur tiga kali, sambil membersihkan mulut dan gigi sampai bersih.


(3) Setelah selesai berkumur dan membersihkan mulut juga gigi, kemudian membersihkan lubang hidung tiga kali sampai bersih.


(4) Setelah selesai mencuci lubang hidung kemudian mencuci muka tiga kali, mulai dari tempat tumbuhnya rambut kepala, hingga bawah dagu, dan dari telinga kanan ke telinga kiri, sambil membaca lafal niat wudhu, begini :

Naitul-wudhu'a liraf'il-hadatsil-ashghari fardhal lillaahi ta'alaa.

"Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil, fardhu karena Allah Ta'ala."


(5) Selesai membasuh muka beseta lafal niatnya, kemudian membasuh (mencuci) kedua belah tangan hingga siku-siku tiga kali. Di sunatkan untuk mencuci bagian kanan dulu.


(6) Selesai mencuci kedua belah tangan, kemudian mengusap sebagian rambut kepala tiga kali.


(7) Selesai mengusap sebagian rambut kepala, kemudian mengusap kedua belah telinga tiga kali.


(8) Dan yang ke delapan atau yang terakhir membasuh kedua belah kaki sampai mata kaki masing-masing tiga kali.

Keterangan :
Dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan di atas, wajib di kerjakan berturut-turut atau tertib. Tertib artinya mendahulukan rukun-rukun yang semestinya di dahulukan dan mengakhirkan yang di akhirkan. kira-kira seperti itu.

Jika selesai berwudhu anda baiknya harus membaca doa setelah wudhu, silahkan baca dalam Doa Setelah Wudhu selengkapnya yang telah di ulas sebelumnya. Baik demikian itulah Cara Berwudhu dan Doanya Beserta Gambar Peragaannya ini. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat. Baca juga : Bab Thaharah (Bersuci), Lengkap!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar