Skip to main content

follow us

Contoh Teks Pembawa Acara/MC Pada Acara Tingkepan

Contoh Teks Pembawa Acara Tingkepan “walimatul hamli” - Tingkepan adalah salah satu kegiatan yang sampai saat ini masih membudaya di masyarakat Indonesia, terutama di dataran Pulau Jawa. Kata tingkepan/tingkep itu sendiri awalnya berasal dari bahasa daerah/jawa : sing dienti-enti wis mathuk jangkep. Yang artinya "yang ditunggu-tunggu sudah hampir sempurna".

Budaya tingkepan ini biasanya dilakukan pada empat bulan atau ada juga yang saat ketujuh bulannya si jabangbayi berada dalam kandungan. Selain itu dalam acara tingkepan ini biasanya di sajikan berbagai makanan khas, mungkin hampir sama seperti halnya dalam resepsi khitanan dan hajat lainnya. Dan biasanya setiap daerah memiliki kesamaan maupun perbedaan dalam penyajiannya.

Nah, jika saat ini anda kebagian tugas untuk membawakan/membacakan susunan acara dalam prosesi tingkepan ini dan masih bingung mencari kata-kata/teks pembawa acara untuk acara tingkepan, cocook... silahkan anda lihat Contoh Teks Pembawa Acara/MC Pada Acara Tingkepan yang sudah kami sajikan secara lengkap beserta susunan acaranya, seperti berikut di bawah ini.

Contoh Teks Pembawa Acara Tingkepan

Assalamualaikum Wr, Wb.
Bapak-bapak, Ibu-ibu dan para undangan sekalian yang kami hormati, sudah selayaknya pada kesempatan ini kita bersama-sama mengucapkan syukur kepada Alloh SWT, karena nikmat dan rahmat-Nya kita pada kesempatan ini dapat menghadiri undangan bapak .... sekeluarga, pada acara tingkepan saudari .... yang kini telah hamil .... bulan dan dalam beberapa bulan lagi atas seizin Alloh akan di karuniai anak.

Para Bapak, Ibu dan Hadirin sekalian,
Perkenankanlah kami disini akan membacakan susunan acara.
Acara pertama : Pembukaan, mari kita buka acara ini dengan
bacaan basmalah "Bismillahir-Rahmanirrohim.
Acara Kedua : Pembacaan ayat suci Al Qur'an.
Acara Ketiga : Sambutan wakil shahibul hajat (tuan rumah).
Acara Keempat : Pengajian/ceramah agama yang akan disampaikan oleh ....
Acara Kelima : Penutup (doa).

Demikianlah susunan acara pada malam hari ini, untuk menyingkat waktu mari kita lanjutkan pada acara kedua yaitu :
Pembacaan ayat suci Al Qur'an, yang akan disampaikan oleh ... kepadanya kami persilahkan.

Keterangan :
Setelah anda berbicara demikian maka anda harus meninggalkan podium yang kemudian digantikan oleh pembaca Al Qur'an. Baru setelah petugas pembaca Al Qur'an turun dari podium, maka anda boleh pegang mikrophone kembali untuk melanjutkan acara.
Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadirin sekalian,
Demikianlah pembacaan ayat suci Al Qur'an yang telah dibawakan oleh ... semoga yang membaca dan yang mendengarkan mendapat rahmat dari Alloh SWT, Aamiin.

Acara Ketiga adalah sambutan-sambutan, sambutan yang pertama dari wakil tuan rumah, yang akan disampaikan oleh .... kepadanya dipersilahkan...!

Keterangan :
Anda harus turun dari podium atau mematikan mic anda, jika tersedia mic khusus buat anda. Lalu dengarkan sambutan wakil tuan rumah. Sebab ini penting artinya, untuk anda ulas sebagai kesimpulan.
Para hadirin sekalian,
Demikianlah sambutan dari bapak ... wakil tuan rumah yang intinya bapak shahibul hajah berterimakasih atas kehadiran bapak, ibu sekalian, dan minta maaf bila terdapat kekurangan dari tempat serta konsumsi yang tidak sesuai dengan selera bapak, ibu sekalian.

Selanjutnya acara keempat yaitu acara inti yang akan di isi dengan pengajian agama. Dalam hal ini akan di sampaikan oleh ... marilah kita dengarkan dengan penuh hidmat, agar apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kehidupan kita, dunia dan akhirat, kepada Al Ustadz/Kyai/Bapak .... kami persilahkan...!

Keterangan :
Anda tinggalkan podium atau anda matikan mic anda. Kemudian anda ikut mendengarkan, jika penceramah turun dari podium anda dapat mengulas dan menyimpulkan. Ingat! jangan sekali-sekali anda angkat bicara sedang penceramah belum sempat duduk di kursinya semula.
Para Bapak, Ibu dan Unadangan sekalian,
Hidup memang ibadah dan dunia ini hanya sementara. Ada kehidupan lagi setelah kematian, yaitu kehidupan akhirat. Dari uraian bapak ... dapat kami simpulkan bahwa kehidupan dunia ini adalah adalah bekal yang akan kita nikmati di akhirat nanti, maka sebaik-baik bekal adalah amalan-amalan yang bersifat self-fungsional maupun ritual yang berpedoman pada aturan Alloh yakni Islam.

Baiklah para hadirin, kini sampailah kita pada acara terakhir. Dengan demikian berakhirlah tugas kami sebagai pembawa acara. Selaku pembawa acara, kami minta maaf bila penyampaian kami kurang berkenan di hati. Selanjutnya doa penutup yang akan dibawakan oleh .... kami ucapkan "Wassalamualaikum Wr, Wb.

Demikian itulah Contoh Teks Pembawa Acara/MC Pada Acara Tingkepan. Semoga bisa menjadi gambaran terlebih contoh atau bahkan panduan bagi anda yang saat ini masih bingung dalam membuat susunan acara hingga membawakan/membacakan susunan acara dalam acara prosesi tingkepan. Mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyajian maupun cara kami bertutur kata. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar