Skip to main content

follow us

Contoh Protokol Pada Acara Persemian Mesjid

Contoh Teks Protokol Pada Acara Persemian Mesjid - Menjadi pembawa acara atau Mc pada suatu acara tidak hanya di butuhkan wawasan yang luas, namun harus memiliki mental yang mumpuni juga. Karena seorang pembawa acara berhadapan langsung dengan banyak orang, mungkin itu salah satunya. Jika saat ini anda bertugas untuk menjadi pembawa acara dalam acara peresmian mesjid anda bisa mencontoh pada contoh protokol yang kami sajikan pada artikel ini. Silahkan anda lihat contoh selengkapnya seperti berikut di bawah ini.

Contoh Protokol Pada Acara Persemian Mesjid

Assalamu alaikum Wr, Wb.
Yang terhormat bapak Ketua KUA kecamatan .....
Yang terhormat bapak Kakanwil Kecamatan ..... beserta staf,
Yang kami hormati takmir mesjid bapak ....
Bapak Kepala Desa bersama staf yang kami hormati....
Beserta segenap kaum Muslimin dan Muslimat yang kami cntai,

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini kita masih di beri kesehatan jasmani dan rohani sehingga dapat hadiri di tempat ini untuk menyaksikan jalannya acara peresmian Mesjid ...., serta kesyukuran atas terwujudnya pembangunan masjid jami ' ...... yang kita impikan selama ini.

Tak lupa shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, yang telah merombak jaman kejahiliahan ke jaman yang penuh taqwa dan tawakal kepada Allah semata.

Para hadirin sekalian yang kami hormati,
Kami disini selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada pagi/siang/ hari ini sebagai berikut :
Acara pertama : Pembukaan, untuk pembukaan ini marilah kita bersama-sama membaca basmallah, "Bismilahirrohmanirrohim".
Acara kedua : Pembacaan ayat suci Al Qur'an.
Acara ketiga : Sambutan-sambutan yang akan disampaikan oleh :
a. Ketua Panitia pembangunan Mesjid.
b. Bapak Kesra
c. Bapak Kepala Desa
d. Bapak Ketua KUA
e. Bapak Kakanwil Kecamatan
Acara keempat : Peresmian Mesjid yang akan di resmikan oleh : ....., yang akan di tandai dengan ...... (sebutkan, apakah dengan pemukulan gong/beduk/pengguntingan pita).
Acara kelima : Merupakan acara puncak yaitu mau'idhoh hasanah yang nanti disampaikan oleh ..... sekaligus menutup acara peresmian Mesjid ....... dengan doa.

Itulah tadi susunan acara peresmian Masjid .... yang akan kami sajikan kehadapan bapak ibu sekalian. Baiklah, marilah kita melangkah pada acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan di bacakan oleh ....kepadanya kami persilahkan!

Keterangan :
Anda harus meninggalkan podium dan duduk di tempat khusus protokol yang telah disediakan panitia. Bila petugas pembaca Al Qur'an telah kembali dari podium segera anda melanjutkan acara. Jika di meja anda terdapat mic maka anda cukup membaca acara di meja anda. Tetapi jika tidak disediakan mic khusus, maka anda harus naik podium setiap kali membaca acara.

Shadaqallahul 'adhim, Maha benar Allah dengan segala firmn-Nya.
Demikianlah tadi pembacaan ayat suci Al Qur'an semoga yang membaca maupun yang mendengarkan mendapatkan pahala dari Allah dan diberi kekutan iman didalam eramaikan mesjid yang akan diresmikan hari ini. Selanjutnya sambutan-sambutan :

Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia pembangunan Mesjid Jami' ..... kepada bapak .... kami persilahkan!

Terimakasih kami sampaikan kepada ketua panitia pembangunan Masjid yang telah menyampaikan kata sambutan dan juga telah bersusah payah merencanakan sampai kepada pembangnan masjid jami' ini. Semoga Allah membalas amal baik bapak. Aamiin.

Baiklah marilah kita melangkah pada acara berikutnya, yakni sambutan bapak Kesra. Kepada bapak Kesra kami persilahkan!

Keterangan :
Bpk Kesra yang sebelumnya sudah dihubungi segera menuju ke podium. Anda harus memperhatikan dengan baik. Jika sudah selesai maka anda dapat melanjutkannya.
Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin sekalian yang berbahagia,
Demikianlah sambutan yang singkat yang disampaikan oleh bapak Kesra maka sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh bapak Kepala Desa, kepada bapak ..... kami persilahkan!

Keterangan :
Ketika bapak kepala desa berpidato, sebaiknya anda perhatikan, jangan mencari kesibukan lain. Setelah turun dari podium, segera anda melanjutkan acara selanjutnya.
Demikianlah sambutan dari bapak kepala desa yang banyak meberi dan bantuan saran, tenaga maupun material guna pembangunan Mesjid .... ini. Sambutan selanjutnya dari ketua KUA Kecamatan, kepada bapak .... kami persilahkan!

Keterangan :
Setelah bapak ketua KUA mulai berpidato, tugas anda sekarang memperhatikan di tempat khusus protokolsampai selesai sambutannya, baru anda berdiri di depan meja protokol untuk membaca acara selanjutnya.
Terimakasih kami sampaikan kepada bapa ketua KUA kecamatan yang berkenan memberikan sambutan dalam acara persemian Mesjid ..... ini.

Dan sekarang sampailah kita pada sambutan yang terakhir yang akan disampaikan oleh bapak Kakanwil, kepada Yth ........ kami persilahkan!

Keterangan :
Bila bapak Kakanwil berpidato, maka anda tetap siap siaga, sampai akhir sambutan. Setelah turun dan duduk ditempatnya kembali, barulah anda bacakan acara seterusnya.

Bapak-bapak, ibu-ibu hadirin, demikianlah tadi sambutan yang disampaikan oleh bapak ..... selaku Kakanwil kecamatan. Dan kini sampailah pada acara yang sangat kita nantikan yaitu peresmian Mesjid Jami' .... yang akan diresmikan oleh bapak .... (sambutan, siapa yang berlaku untuk meresmikan masjid tersebut) Kami persilahkan! (peresmian ini ditandai apa....sebutkan, beduk, sirine, atau pengguntingan pita?) dan hadirin diharap berdiri!

Keterangan :
Bapak kakanwil atau siapa yang telah ditunjuk untuk meresmikan maju ke tempat peresmian dengan (pengguntingan pita, atau pemukulan gong, atau sirine). Atau mungkin terlebih dahulu memberi sambutan (kata pengantar) sebelum meresmikan. Apabila peresmian telah dilaksanakan dan hadirin duduk kembali, maka anda lanjutkan kembali acara ini.
Alhamdulillah ...!
Mesjid kita, yang bernama .... pada hari ini telah resmi sebagai sarana ibadah yang diakui oleh jajaran instansi pemerintah dan Departemen Agama Republik Indonesia.

Baiklah para hadirin yang berbahagia,
Acara demi acara telah kita lalui dengan lancar dan sangat berkesan sekali. Dan sekarang tinggallah dua acara yang masih menunggu, yaitu ceramah agama yang akan disampaikan oleh ..... dan doa penutup. Sebelum kita sampai pada acara tersebut, maka ijinkanlah kami selaku pembawa acara mohon diri dari hadapan bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, bila mana dalam membawakan acara dari mulai awal hingga akhir, terdapat kata-kata yang kurang berkenan di hati hendaknya bapak, ibu dan saudara sekalian sudi membuka pintu maaf. Kami akhiri tugas kami, dan terimaksih atas segala perhatiannya, Billahit-Taufiq wal Hidayah Ihdinash-Shirattal Mustaqim.

Selanjutnya ceramah agama yang akan disampaikan oleh bapak ...sekaligus menutup acara peresmian Mesjid ... dengan doa penutup. Kepada Yth. bapak ..... kami persilahkan! Dari kami, kami akhiri Wassalamu alaikum Wr, Wb.

Demikian itulah Contoh Protokol Pada Acara Persemian Mesjid yang semoga sajian ini bisa membantu anda khususnya bagi anda yang sedang belajar untuk menjadi pembawa acara pada acara peresmian mesjid. Terimakasih atas kunjungannya di blog ini. Mohon maaf atas segala kekurangan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar