Skip to main content

follow us

Contoh Protokol Acara Peringatan Isra' Mi'raj

Contoh Protokol/MC Acara Peringatan Isra' Mi'raj - Hingga saat ini peringatan Isra' Mi'raj masih dilakukan oleh semua umat Islam di dunia. Isra' Mi'raj adalah bagian kedua dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi besar Muhammad Saw dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam se-Dunia, karena pada peristiwa inilah baginda Rosululloh Saw mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu dalam sehari semalam dari Allah SWT. Adapun beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Quran, yaitu Surah Al-Isra.

Peringatan Isra' Mi'raj itu sendiri biasanya berlangsung meriah, dari mulai menampilkan kebolehan anak-anak ngaji dalam menghafal, juga biasanya ada hiburan lainnya yang bernafaskan Islami. Berlangsungnya acara peringatan Isra' Mi'raj biasanya dibawakan oleh seorang MC/Pembawa acara. Nah, jika saat ini anda kebagian tugas untuk menjadi pembawa acara atau MC atau biasa juga disebut protokol, dan masih bingung dalam menyusun susunan acaranya maupun dalam membawakan acaranya karena memang belum sempat berlatih silahkan lihat Contoh Protokol Acara Peringatan Isra' Mi'raj yang telah kami sajikan seperti berikut di bawah ini.

Contoh Teks Pembawa Acara Peringatan Isra Mi'raj

Assalamu alaikum Wr, Wb.
Kepada bapak penceramah, bapak .... yang kami mulyakan, Kepada para alim ulama tokoh masyarakat dan kepala Desa bersama staf yang kami hormati. Kepada segenap kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa syukur kita kehadirat Allah Swt, yang mana atas izin-Nya dan hidayah-Nya kita pada saat ini di beri kesehatan jasmani dan rohani, sehingga dapat menghadiri acara pengajian malam peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad Saw, yang diseenggarakan oleh .... semata-mata untuk menimba ilmu agama dan mempertebal iman kita kepa Allah.

Kedua kalinya, shalawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad Saw. Karena perjuangan beliaulah sehingga Islam jaya di muka bumi, dan kita sebagai pengikutnya dapat mengetahui mana jalan yang sesat dan mana jalan yang di ridha Allah.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara sekalian,
Kami disini sebagai pembawa acara akan membawakan susunan acara Isra' Mi'raj pada malam ini sebagai berikut :

Acara pertama Pembukaan.
Kedua pembacaan ayat suci Al Qur'an.
Ketiga sambutan-sambutan :
a. Sambutan ketua Panitia Penyelenggara.
b. Sambutan dari bapak kades.
c. Sambutan dari ketua P2A Tingkat Desa.

Keempat istirahat
Acara kelima Ceramah Agama yang akan di sampaikan oleh Bapak/Kyai .....
Acara terakhir penutup, yang akan ditutup oleh doa.

Demikianlah susunan acara peringatan Isra' Mi'raj malam ini. Dan marilah masuki acara pertama ini dengan bacaan Bsmallah "Bismillahirrahmanirrohim".

Selanjutnya kita melangkah pada acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan dibacakanoleh saudara/saudari .... kepadanya kami persilahkan!

Keterangan :
Jika pada acara ini, panitia menyediakan mic dan meja khusus untuk anda (protokol), maka anda segera turun dari podium dan periksalah mic yang tersedia di meja anda. Apakah masih hidup? Apabila masih hidup matikan agar tidak mengganggu acara. Setelah Pembacaan ayat suci Al Qur'an selesai, anda cukup duduk di meja/podium yang telah tersedia. Dan membacakan susunan acara berikutnya.
Para hadirin kaum muslimin dan muslimat, demikianlah tadi pembacaan ayat suci Al Qur'an yang telah kita simak bersama, semoga Allah membalas berupa pahala yang setimpal bagi pembaca pada khususnya dan para pendengar pada umumnya. Aamiin!

Baiklah para hadirin yang berbahagia, kita masuki acara ketiga yaitu sambutan-sambutan :
Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia, bapak .... kepadanya kami persilahkan.

Keterangan :
Matikan mic, dan anda duduk seperti yang tertera di keterangan di atas. Dengarkan sambutan ketua panitia. Jika sambutan telah selesai, maka anda hidupkan mic yang ada dihadapan anda lalu meneruskan acara.
Demikianlah tadi, sambutan yang telah disampaikan oleh .... selaku ketua panitia penyelenggara. Diana ketua panitia sangat berterimakasih kepada bapak dan ibu serta saudara sekalian yang berkenan hadir pada malam hari ini. Demikian juga kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya acara ini, dan bila terdapat kekurangan selama acara ini berlangsung ketua panitia bersama staf mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Para hadirin, sambutan kedua dari bapak kades, kepada bapak .... kami persilahkan!

Keterangan :
Pada waktu pak kades berpidato di podium. Maka anda harus mematikan mic yang tersedia dihadapan anda. Tulislah beberapa point dari pidato pak kades, dimana catatan itu akan anda pakai sebagai bahan kesimpulan dari sambutannya. Setelah dia turun dari podium, maka anda siap menyimpulkan pidato pada Kades dengan singkat.
Bapak-bapak, ibu-ibu kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia demikianlah tadi sambutan yang disampaikan oleh bapak kades yang cukup jelas dan mudah dimengerti. Dan sekarang sampailah pada acara inti yaitu yaitu ceramah agama. Sebelum acara ini kita lanjutkan, kami persilahkan menikmati hidangan yang ada dihadapan bapak ibu sekalian.

Keterangan :
Isilah waktu istirahat ini dengan selingan musik yang berbau agamis agar tidak sepi. Setelah beberapa menit, barulah anda melanjutkan ke acara inti yaitu ceramah agama.
Bapak-bapak, ibu segenap kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia! kami rasa waktu istirahat sudah cukup, dan sebelum acara inti kita mulai kami mohon untuk mendengarkan ceramah agama dengan penuh hikmat agar mendapatkan manfaat darinya. Aamiin.

Dan sekarang marilah kita ikuti ceramah agama yang akan di sampaikan oleh Bapak/Kyai/Al-Ustadz ... dari .... kepada beliau kami persilahkan!

Keterangan :
Waktu untuk pembicara tentunya lebih banyak dari pada sambutan-sambutan tadi. Dalam hal ini andapun harus tertib. Jangan sekali-sekali anda berbicara dengan orang yang ada di sekitar anda, karena anda tadi telah melarang para undangan berbicara sendiri-sendiri. Setelah selesai maka anda balik ke podium. Jangan berbicara di meja yang berada di belakang layar. Setelah acara hampir selesai dan anda mohon pamit, maka berbicaralah di podium, seperti pertama kali membuka acara.
Para hadirin yang kami hormati, demikianlah cearmah agama dan mau'idhoh hasanah yang telah kita dengarkan bersama, semoga dapat kita jadikan pedoman hidup dan perisai diri didalam mencari rizki Allah, sehingga kita tidak terjebak dalam kesesatan dan murka Allah Swt. Serta dapat mengamalkan sholat sebagaimana Rosululloh telah diperintahkan Allah untuk mengamalkannya. Aamiin.

Para bapak dan ibu-ibu yang berbahagia,
Sebelum kita masuk ke acara terakhir yaitu doa penutup, kami selaku pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya, bila terdapat kekurangan dan penyampaian kami yang kurang berkenan dihati. Semoga kita dapat bertemu di lain acara yang lebih meriah lagi. Selanjutnya kami serahkan kepada bapak .... untuk membacakan doa penutup. kami cukupkan sekian dahulu.
Wassalamualaikum Wr, Wb.

Demikian itulah Contoh Protokol Acara Peringatan Isra' Mi'raj yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda. Jangan lewatkan infomasi terbaru lainnya. Mohon maaf atas kekurangan. Semoga bermanfa'at.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar