Skip to main content

follow us

Contoh Protokol Acara Peringatan Nuzulul Qur'an

Contoh Teks Protokol Acara Peringatan Nuzulul Qur'an - Beberapa contoh protokol untuk beberapa acara seperti contoh protokol acara Isra' Mi'raj yang sebelumnya sempat kami sajikan juga. kali ini akan kami tambahkan lagi contoh protokol untuk acara peringatan Nuzulul Qur'an.

Bagi anda yang sedang belajar menjadi seorang pembawa acara dalam hal ini pembawa acara/Mc dalam acara Nuzulul Qur'an anda bisa mencontoh pada yang tersaji dalam artikel ini. Baik berikut di bawah ini selengkapnya.

Contoh Protokol Acara Peringatan Nuzulul Qur'an

Assalamualaikum Wr, Wb.
Alhamdulillah, puja dan puji kami sembahkan kehadirat Allah, yang mana pada malam hari ini kita diberi panjang umur sehingga dapat bertemu kembali di majelis yang mulia ini. Tak lupa semoga sholawat dan salam tetap terlimpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw. Dimana dengan kegigihan beliaulah dalam menyiarkan agama Islam hingga kini Islam tetap jaya dan semakin terbukti kebenarannya.

Para bapak, Ibu sekalian yang kami mulyakan,
Kami berdiri disini selaku pebawa acara akan membacakan susunan acara.
Acara pertama : Pembukaan
Acara kedua : Pembacaan ayat suci Al Qur'an

Ketiga : Sambutan-sambutan :
a. Sambutan dari ketua panitia penyelenggara.
b. Sambutan dari bapak kades.
c. Sambutan dari Kep. KUA Kecamatan.

Keempat : Istirahat yang akan diselingi hiburan.
Kelima : Adalah acara inti yaitu ceramah agama peringatan Nuzulul Qur'an.
Keenam : Do'a penutup.

Demikianlah susunan acara peringatan Nuzulul Qur'an pada malam hari ini, dan untuk menyingkat waktu marilah kita masuki acara pertama yaitu pembukaan, untuk pembukaan ini mari kita baca basmalah bersama-sama "Bismilahirrohmanirrohim".

Acara kedua : Pembacaan ayat suci Al Qur'an yang akan dibacakan oleh saudara .... kepadanya kami persilahkan!

Demikianlah pembacaan ayat suci Al Qur'an semoga bagi yang membaca dan yang mendengarkan mendapat pahala dari Allah Swt. Aamiin.

Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan :
Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara, kepada Yth Bpk/Ibu/Kakak ....... kami persilahkan!

Keterangan :
Peru di ingat, sewaktu anda membuka acara pertama, posisi anda berbicara ada di podium (untuk menghormati para undangan). Baru pada acara berikutnya anda cukup membacakan di depan meja yang telah disediakan oleh panitia. Bila tidak tersedia, anda tetap membaca acara di atas podium. Setelah pembicara turun dari podium baru anda dapat melanjutkan acara keempat dan seterusnya.
Para undangan yang kami hormati, demikianlah tadi sambutan dari ketua panitia penyelenggara malam peringatan Nuzulul Qur'an. Kiranya sambutan tadi sudah cukup jelas, maka kami tidak perlu menyimpulkannya, kini mari kita ikuti sambutan kedua dari bapak kades yang akan disampaikan oleh bapak .... /wakilnya .... kami persilahkan.

Keterangan :
Bapak kades atau mungkin stafnya menaiki podium untuk memberikan sambutan. Anda harus memperhatikan guna nanti bisa menyimpulkan atas apa yang disampaikan. Apabila Kades selesai memberikan sambutan dan kembali ke tempatnya semula, maka anda boleh melanjutkan acara.
Para bapak, ibu dan segenap kaum muslimin dan muslimat yang dimuliakan Allah! Demikianlah tadi sambutan bapak Kades yang singkat dan padat juga mudah dimengerti. Baiklah kita melangkah pada sambutan ketiga yang akan disampaikan oleh bapak kepala KUA dari kecamatan, kepada beliau kami persilahkan!

Keterangan :
Pada waktu bapak kepala KUA naik podium, maka hendaknya mic anda (harus dimeja protokol) anda matkan. Agar tidak mengganggu pembicaraan bapak kepala KUA. Anda boleh melanjutkan acara setelah bapak kep. KUA telah kembali ketempat semula.
Demikianlah tadi sambutan bapak kep. KUA yang disampaikan oleh bapak .... sebelum kita memasuki acara selanjutnya kami persilahkan kepada para hadirin untuk menikmati hidangan yang telah disediakan, untuk itu acara kami skores ..... menit. (lebih meriah bila acara istirahat ini diselingi oleh musik atau hiburan dari para remaja, lagu-lagu atau baca puisi, sajak dan lain-lain).

Keterangan :
Waktu istirahat jangan terlalu panjang, sedikit saja tapi ckup menghibur para undangan, dan sebagai pelepas lelah.
Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, kami rasa waktu istirahat sudah cukup, marilah kita ikuti acara berikutnya yaitu ceramah agama. Sebelumnya kami mohon perhatiannya agar apa yang disampaikan nanti akan bermanfaat bagi kita didalam menjalankan aturan agama, dunia dan akhirat. Aamiin. Dan kepada Yth bapak/Kyai/Al Ustadz .... kami persilahkan!

Keterangan :
Pada waktu penceramah menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan Nuzulul Qur'an, anda harus diam dan duduk di tempat protokol, seandainya tidak ada tempat khusus bagi protokol, maka anda duduk di depan bersama-sama para undangan. Jangan kemana-mana (mondar-mandir) agar tidak merusak konsentrasi para undangan.
Bapak-bapak, ibu-ibu yang kami hormati, demikianlah tadi ceramah agama yang telah kita dengarkan bersama, semoga kita semakin cinta kepada kitab Al Qur'an dan gemar membaca, memahami serta mengamalkan isinya. Dan memang Al Qur'an lah pedoman ptunjuk hidup kita. Oleh karena itu marilah kita tingkatkan semangat kita didalam mempelajari bacaannya atau mengkaji isinya.

Sebelum kita lanjutkan acara terakhir yaitu doa penutup, selaku pembawa acara kami minta maaf atas segala kekurangan baik yang di sengaja atau tidak, dan kepada bapak ibu dan saudara sekalian kami ucapkan banyak terimakasih atas segala perhatiannya mulai dari awal hngga akhir. Semoga Allah Swt membalas amal baik kita. Aamiin Ya Robbal Alamin. Selanjutnya doa penutup akan di sampaikan ole bapak/kyai .... kepada beliau kami persilahkan! Kami akhiri sampai disini "Wassalamu 'alaikum Wr, Wb.

Demikian itulah Contoh Protokol Untuk Acara Peringatan Nuzulul Qur'an yang bisa kami informasikan pada kesempatan kali ini. Jangan lewatkan juga informasi terbaru lainnya yang akan kami sajikan berikutnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar