Skip to main content

follow us

Contoh Protokol Acara Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Contoh Teks Protokol Acara Menyambut Tahun Baru Hijriyah - Pergantian tahun dalam Islam yang biasa juga disebut dengan istilah "Muharaman" ini biasanya di peringati seperti halnya memperingati hari-hari besar dan bersejarah seperti acara maulid Nabi dan yang lainnya. Jika anda mendapat tugas untuk menjadi pembawa acara atau Mc di acara menyambut tahun baru hijriyah anda bisa mencotoh pada contoh yang telah kami sajikan dalam artikel ini seperti berikut di bawah ini.

Contoh Protokol Acara Menyambut Tahun Baru Hijriyah

Assalamu alaikum Wr, Wb.
Kepada bapak, ibu dan hadirin sekalian yang kami hormati.
Alhamdulillah dengan iringan romat serta hidayah-Nya kita dapat bertemu kembali di mejelis yang sederhana ini dengan penuh rasa ketaqwaan dan kekeluargaan, untuk memperingati tahun baru Hijriyah yang ke ..... Semoga dalam memasuki tahun baru ini kita dapat meningkatkan amal bakti kita kepada Allah Swt. Bermawas diri serta berdisiplin dengan bercermin pada masa-masa ysng telsh kita tinggalkan.

Solawat serta salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw, beserta sahabatnya, karena dengan perjuangan beliaulah Islam tetap jaya sampai saat ini. Para bapak, ibu sekalian yang berbahagia, perkenankanlah kami disini untuk membacakan susunan acara malam ini :

Acara pertama : Pembukaan.
Acara kedua : Pembacaan ayat suci Al Qur'an.
Acara ketiga : Sambutan-sambutan :
a. Sambutan ketua panitia.
b. Sambutan ketua P2A Tingkat Desa (Bapak Kesra).
c. Sambutan ketua KUA Kecamatan.
Acara keempat : Acara inti yaitu ceramah agama yang nanti akan disampaikan oleh .... dari .....
Acara terakhir : Doa'a penutup.

Demikian tadi susunan acara malam ini, baiklah marilah kita masuk ke acara pertama yaitu pembukaan. Untuk pembukaan ini marilah kita bersama-sama membaca "Bismillahirrohmanirrahim". Terimakasih atas bacaannya semoga acara kita dapat berjalan lancar tanpa suatu rintangan apapun. Aamiin.

Dan selanjutnya acara kedua yaitu pembacaan gema Kalam Illahi yang akan dibacakan oleh bapak/saudara .... kepadanya kami persilahkan!

Keterangan :
Tentunya sejak pertama kali anda mengucapkan salam, anda berada di atas podium hingga pada acara kedua dibacakan. Setelah mempersilahkan pembaca Al Qur'an hendaknya anda turun kembali ke meja (khusus protokol), sampai pada acara keempat, anda cukup membawa acara didepan meja tersebut. Baru pada acara kelima anda sampaikan di atas podium sekaligus mohon diri dan minta maaf atas kurangan anda dalam membawakan susunan acara.
Demikianlah tadi pembacaan ayat suci Al Qur'an yang dibacakan oleh .... dengan sentuhan yang menggetarkan jiwa. Tanda orang ialah manakala dibacakan ayat-ayat Allah maka bergetarlah hatinya dan bertambahlah imannya.

Para bapak, ibu dan saudara sekalian yang berbahagia,
Acara selanjutnya sambutan-sambutan :
Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia, kepadanya kami persilahkan!

Keterangan :
Pada waktu panitia diatas podium menyampaikan sambutan begitu pula nanti pada sambutan kedua dan selanjutnya, sebaiknya anda matikan mic yang tersedia dimeja protokol.
Kaum muslimin dan muslimat yang kami mulyakan!
Demikianlah sambutan dari ketua panitia, dan memasuki sambutan kedua dari ketua P2A / Bapak Kesra, kepanya kami persilahkan!

Keterangan :
Tunggulah Bapak P2A / Bapak Kesra sampai selesai memberi sambutan, setelah turun dari podium baru dapat anda lanjutkan.
Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Kesra yang berkenan memberikan sambutan. Dan selanjutnya sambutan dari ketua KUA yang akan disampaikan oleh bapak .... kepadanya kami persilahkan!

Demikianlah tadi sambutan dari bapak ketua KUA yang cukup mendasar bahwa tahun ini bukanlah tahun esok, sedangkan tahun kemarin adalah masa lampauyang telah berlalu, oleh karena itu marilah kita masuki tahun baru Hijriyah ini dengan amalan-amalan yang bedaya guna, meningkatkan ukhuwah Islamiyah menghidupkan serta memasayarakatkan kalender hijriyah.

Para hadirin sekalian yang berbahagia, sampailah kini pada acara inti yang telah lama kita nantikan, yaitu ceramah agama. Sebelumnya kami mohon perhatiannya dengan penuh konsentrasi, agar kita mendapat hidayah sebagai bekal hidup kita. Aamiin. Kepada bapak Yth. bapak/kyai .... kami persilahkan!

Keterangan :
Pada waktu penceramah mulai berceramah, maka anda pun mendengarkan dengan hikmat sampai selesai. Setelah penceramah turun dari podium mohon diri dan membacakan acara terakhir.
Para hadirin yang kami hormati, selesai sudah acara kita malam hari ini, Kami mohon maaf bila terdapat kesalahan dari tutur kata kami baik yang disengaja maupun tidak, dan marilah kita masuki acara penutup yaitu doa penutup yang akan dibacakan oleh bapak .... kepadanya kami persilahkan! Kami akhiri, "Wassalamu alaikum Wr, Wb".

Nah demikian itulah Contoh Protokol Untuk Acara Menyambut Tahun Baru Hijriyah semoga dapat membantu anda dalam belajar untuk menjadi pembawa acara atau MC di acara tersebut. Mohon maaaf atas kekurangan dalam bertutur. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar