Skip to main content

follow us

Contoh Protokol Acara Maulid Nabi Muhamad saw

Contoh Teks Protokol Acara Maulid Nabi Muhamad Saw - Berikut di bawah ini akan kami sajikan informasi yang akan membantu khususnya bagi anda yang saat ini tengah belajar menjadi seorang pembawa acara atau MC untuk berbagai acara. Contoh protokol yang kami sajikan di bawah ini akan sangat berguna untuk memandu anda atau memberi sedikit gambaran bagaimana membawakan acara/susunan acara seperti pada acara Maulid Nabi Muhammad Saw misalnya. Baik silahkan simak saja selengkapnya berikut di bawah ini.

Contoh Protokol Acara Maulid Nabi Muhammad Saw

Assalamu alaikum Wr, Wb.
Kepada bapak-bapak, ibu pembicara/penceramah ... dari ... yang kami mulyakan, kepada para tokoh masyarakat dan para alim ulama yang kami hormati Kepada Ketua panitia bersama anggota dan segenap para undangan yang kami cintai.

Alhamdlilah, kami ucapkan, karena atas ijin-Nya lah pada detik-detik seperti saat ini kita dapat berkumpul di tempat yang dimuliakan Allah Swt. Untuk belajar bersama-sama melalui peringatan maulid Nabi Muhammad yang akan disampaikan oleh .... dari .... Tidak lupa shalawat serta salam semoga tetap dilimpahkan Allah kepada Nabi Muhammad saw, juga para keluarganya dan sahabatnya.

Disini, kami sebagai pembawa acara segera membacakan susunan acara peringatan maulid Nabi Muhammad saw.
Acara pertama : Pembukaan, untuk pembukaan ini marilah kita bersama-sama membaca "Suratul Fatihah" : Ilahadratin Nabiyyi shalallahualaihi wassalam ... Alfatihah...!

Acara kedua : Pembacaan gema wahyu illahi
Acara ketiga : Sambutan-sambutan :
a. Sambutan dari panitia penyelenggara
b. Sambutan dari kepala desa/ketua Rukun Warga (RW)
Acara keempat : Ceramah agama
Acara kelima : Penutup/doa.
Demikianlah susunan acara pada peringatan maulid Nabi Muhammad

Acara kedua : Gema wahyu Illahi
Terlebih dahulu kami harapkan kepada bapak, ibu saudara sekalian bila Al Qur'an dibicarakan mohon didengarkan agar kita mendapat rahmat dari Allah. Aamiin. Selanjutnya pembacaan Gema Wahyu Illahi, kepada .... kami persilahkan.

Keterangan :
Tentunya anda membuka acara tadi di atas podium. Dan untuk acara kedua harus turun setuap kali anda selesai mempersilahkan petugas pembaca Al-Qur'an atau sambutan-sambutan. Cukup anda baca acara selanjutnya di depan meja anda Jika tidak tempat khusus, maka anda harus naik turun podium setiap membacakan acara.
Maha besar Atas segala firman-Nya.

Demikianlah tadi pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang telah dibacakan oleh ..... semoga bermanfaat bagi kita semua.... Aamiin.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan hadirin yang berbahagia.
Kini, marilah kita ikuti acara ketiga yaitu sambutan-sambutan :
Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara, dalam hal ini akan disampaikan oleh bapak saudara kepada yang bersangkutan kami persilahkan!

Keterangan:
Matikan mic yang ada di depan meja, sewaktu pembicara podium, agar tidak mengganggu pembicara. Baru setelah ketua panitia mengakhiri sambutannya dan turun dari podium, mak anda dapat melanjutkan acara.
Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, demikianlah tadi sambutan yang telah disampaikan oleh ketua panitia, yang initinya sangat berterima kasih atas kehadiran bapak-ibu sekalian pada acara malam ini.
Dan selanjutnya marilah kita ikuti sambutan kedua dari bapak Kades yang akan disampaikan oleh .... kepadanya kami persilahkan! :

Keterangan :
Biasanya dalam sambutan Kades banyak memberikan saran-saran tentang kegiatan itu. Anda sebagai protokol hendaknya dapat menyimpulkan jika pak Kades telah turun dari podium. Jika penyampaiannya cukup jelas anda tidak usah menyimpulkan.
Demikianlah tadi sambutan yang disampaikan oleh bapak Kades yang cukup jelas. Kemudian sambutan terakhir dari ketua RW/P2A kepadanya dipersilahkan!

Demikianlah tadi sambutan yang disampaikan dengan lemah lembut yang cukup menggugah semangat kita teruta kaum muda.

Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara sekalian se akidah,
Acara demi acara telah kita lewati, maka gilirannya sekarang acara puncak yaitu ceramah agama peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. Pada kesempatan ini akan disampaikan oleh Al Ustadz/Kyai...... dari .... Kepada beliau kami persilahkan!

Keterangan :
Pada acara ini sebaiknya anda diam dan duduk bersama-sama para undangan, dengan mengambil tempat yang jauh dari podium lebih baik lagi anda simpulkan apa saja yang disampaikan. Yang nantinya akan anda sampaikan di atas podium dengan singkat dan jelas. Kemudian anda lanjutkan acara terakhir sekaligus mohon pamit.
Para hadirin kaum muslimin dan muslimat yang di kasihi Allah,
Demikianlah tadi ceramah agama yang disampaikan oleh ..... dengan sentuhan yang dapat membangkitkan semangat kita dalam menjalankan perintahAllah, dan dan dapat memperluas wawasan kita dalam memahami Islam. Dan kini tinggallah acara terakhir doa penutup yang nanti akan dibacakan oleh bapak .... Sebelum doa penutup dibacakan ijinkan kami mohon diri, jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan dihati, kami mohon maaf. Dan selanjutnya doa penutup kepada ..... kami persilahkan. Akhirul kalam Wassalamu alaikum Wr, Wb.

Demikian Contoh Protokol Acara Maulid Nabi Muhammad Saw yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Jangan lewatkan juga informasi terbaru lainnya yang akan kami sajikan berikutnya. Mohon maaf atas kekurangan. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar