Skip to main content

follow us

Contoh Protokol Acara Halal Bihalal Idul Fitri Remas

Contoh Teks Protokol Acara Halal Bihalal Remas (Remaja Masjid) - Selain beberapa contoh protokol pada acara lain seperti Contoh Teks Protokol Pada Acara Persemian Mesjid yang telah kami sajikan sebelumnya, kali ini akan kami tambahkan lagi salah satu contoh teks protokol untuk acara halal bihalal remaja masjid (remas). Contoh protokol yang satu ini cocok bagi anda yang saat ini ingin belajar atau sekedar mengingat kembali bagaimana cara membawakan suatu acara yang bisa disebut tahunan ini. Berikut Contoh Protokol Acara Halal Bihalal Remas selengkapnya.

Contoh Teks Protokol Acara Halal Bihalal Remas

Assalamu alaikum Wr, Wb.
Kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu kaum Muslimin dan Muslimat yang kami hormati,
Rekan-rekan Remaja yang kami cintai,


Alhamdulillah.... marilah kita bersama-sama panjatkan rasa syukur kepada Allah Ta'ala, yang mana pada saat ini kita diberi karunia kesehatan jasmani dan rohani. Sehingga kita dapat bertemu kembali pada pertemuan Halal Bilhalal ini.

Yang kedua sampai saat ini diberi oleh Allah umur yang panjang, sehingga kita dapat menyaksikan keagungan dan kemuliaan hari besar 1 Syawal th .... maka kami ucapkan "Taqabballohu Minnawa Minkum, taqabal Ya Karim "Minal'aidin wal Faizin" mohon maaf lahir bathin.

Yang ketiga semoga Alloh Swt, tetap melimpahkan rahmat salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, kepada sanak keluarganya. Kepada sahabat-sahabatnya, dan kepada seluruh pengikutnya semuanya termasuk kita.

Para hadirin yang berbahagia, kami berdiri disini selaku pembawa acara, ijinkanlah untuk membacakan susunan acara Halal Bilhalal malam ini!

Acara pertama : Pembukaan
Acara kedua : Pembacaan ayat suci Al Qur'an
Acara ketiga : Sambutan-sambutan
Acara keempat : Merupakan acara inti, yakni ceramah agama oleh .... dari ....
Acara terakhir : Doa / penutup.

Demikianlah susunan acara halal bihalal 1 Syawal .... H.
Untuk menyingkat waktu, mari ita masuki acara pertama yaitu pembukaan. Pada acara pembukaan ini mari kita bersama-sama membaca Basmallah "Bismilahirrohmanirrohiim".

Berikutnya adalah gema wahyu Illahi, dalam hal ini akan dibacakan oleh .... terlebih dahulu kami mengingatkan, apabila ayat suci Al Qur'an dimohon mendengarkan dengan penuh tawadlu dan jangan saling berbicara agar kita mendapat rohmat dari Allah. Dan kepada ... kami persilahkan.

Keterangan :
Anda turun dari podium dan menuju tempat (mungkin telah disediakan panitia bersama micropon khusus). Anda menunggu hingga pembacaan Al Qur'an selesai baru mulai bicara. Bila memang panitia tak menyediakan mikropon lagi (hanya dipodium) maka sampai akhir nanti anda harus turun naik ke podium.
Alhamdulillah...!
Demikianlah ayat-ayat Al Qur'an yang telah dibacakan oleh ..... semoga Allah Swt memberikan pahala bagi pembacanya khususnya dan bagi para pendengarnya pada umumnya. Aamiin.

Bapak, ibu dan saudara sekalian yang berbahagia, baiklah, marilah kita lanjutkan acara ketiga yaitu sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ketua Remas .... sekaligus mewakili segenap anggota Remas. Kepada ketua Remas kami persilahkan!

Keterangan :
Ketua Remas meninggalkan tempat duduknya semula dan naik ke podium untuk memberikan sambutan, tentu saja karena acara ini halal bihalal maka dia menekankan meminta maaf lahir bathin. Setelah dia selesai memberikan sambutan, maka anda boleh melanjutkan.
Para undangan sekalian, demikianlah sambutan yang disampaikan oleh Ketua Remas, dan sebagai wakil anggota mengucapkan mohon maaf atas segala kekhilafan baik yang disengaja maupun tidak. Dan sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh ketua takmir Mesjid .... (sebut nama Mesjid apa?), kepada bapak ... kami persilahkan!

Keterangan :
Ketua takmir menaiki podium untuk memberi sambutan-sambutan. Jika ketua takmir telah turun dan kembali ketempatnya, maka anda melanjutkan acara berikutnya.
Bapak-bapak, ibu-ibu sekalian, demikialah sambutan yang disampaikan oleh ketua takmir. Semoga kita semua memahami dan saling memaafkan. Acara keempat ceramah agama yang akan disampaikan oleh bapak ... kepada beliau kami persilahkan.

Memang benar manusia diciptakan untuk saling mengenal satu sama yang lain, antara bangsa dengan bangsa lain, maka sepantasnya saling maaf memaafkan bila terdapat kesalahan. Sebagai mana pepatah mengatakan :

"Musuhilah musuhmu separuh saja, boleh jadi dia akan menjadi sahabat/kekasihmu separuh saja, boleh jadi dia akan menjadi musuhmu yang sangat bebuyutan".

Baiklah kita akhiri acara halal bihalal dengan doa sekaliguspenutup yang akan di bacakan oleh ...., sebelumnya kami mohon maaf bila tedapat kata-kata yang kurang berkenan. Kepada bapak ... kami persilahkan! Akhirul kalam Wassalamu alaikum Wr, Wb.

Demikian itulah Contoh Protokol Acara Halal Bihalal Idul Fitri Remas (Remaja Masjid). Semoga bisa membantu anda terlebih bisa memberkan manfaat khususnya bagi semua pembaca. Dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyampaiannya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar