Skip to main content

follow us

Cara Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Cara Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Jantung - Bila kadar lemak darah anda sudah tinggi, maka selain mengatur berat badan perlu pula upaya untuk menurunkan kadar lemak darah, dengan cara sebagai berikut :

  1. Gantilah pemakaian minyak kelapa dengan minyak kacang kedelai atau minyak jagung yang tergolong lemak tidak jenuh ganda, dengan konsumsi yang dibatasi. Batasi makan makanan yang dibuat dari kelapa, santan maupun margarin. Hindari lemak hewan, seperti lemak sapi, kambing, dan sebagainya.
  2. Batasi makan makanan sumber kolesterol. Caranya, batasi makan daging 3-4 kali seminggu dan tidak lebih dari 100 gram sekali makan. Batasi pula makan kuning telur 4-5 butir seminggu. Hindari makan otak, hati, jantung, usus, ginjal, babat. Demikian pula dengan kue-kue yang terbuat dari cream, susu, kuning telur dan mentega. Bagi yang terlanjur mempunyai kolesterol darah tinggi, cukup mengkonsumsi 300 miligram kolesterol sehari.
  3. Makanlah lebih banyak ikan dan ayam sebagai pengganti daging. Putih telur bisa dikonsumsi bebas.
  4. Makanlah lebih banyak kacang-kacangan dan hasil olahan seperti tempe, tahu, karena mengandung serat tinggi. Selain itu makanlah lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung serat.
  5. Bila mempunyai masalah berat badan lebih, upayakan mengatur makanan rendah kalori seimbang, untuk menurunkan berat badan, dalam rangka menghindari resiko penyakit jantug.
  6. Bila mempunyai tekanan darah tinggi, upayakan menurunkan dengan mengatur makan dan mengurangi konsumsi garam.
  7. Hindari rokok dan minuman beralkohol, karena merupakan faktor resiko.
  8. Luangkan waktu untuk olahraga, bersantai atau beristirahat, dalam rangka menghindari stres.
  9. Cara memasak yang baik bagi kesehatan jantung adalah dipepes, dikukus, dipanggang, direbus atau ditumis.
Demikian itulah beberapa tips menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung anda. Begitu juga anda harus menghindari hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kesehatan diri anda sendiri. Yang harus diperhatikan adalah jika anda ingin tetap sehat patuhilah aturan-aturan apa yang harus dan tidak boleh di konsumsi oleh tubuh. Mulailah hidup sehat dari sekarang dan lakukan dalam kehidupan anda sehari-hari.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar