Skip to main content

follow us

Cara Melatih Kebugaran Otak

Cara melatih Kebugaran Otak - Seperti organ lainnya, otak pun berhak bugar, untuk itu perlu latihan. Pandun gerakan yang dikembangkan. Dr. Ruswaldi Munir, Sp. KO dari bagian kedokteran olahraga FKUI RSCM, Jakarta ini, dapat menjaga kelangsungan, koordinasi, dan konsentrasi pusat berpikir Anda.

A. Persiapan :
  1. Air putih Sebelum mulai berlatih, minum air putih secukupnya.
  2. Tombol Otak Pijat dengan keras sisi kanan dan kiri tulang tengah dada dengan tangan kanan, searah dan berlawanan jarum jam. Sementara tangan yang satunya memijat pusar, kemudian lakukan bergantian dengan tangan kiri.
  3. Gerak Silang Gerakan tangan dan kaki yang berlawanan secara erempak. Misalnya tangan kanan menyentuhh lutut kiri dan sebaliknya, atau tangan kiri menyentuh tumit kanan dan sebaliknya. Gerakan badan ke depan, ke belakang, ke samping, dan arahkan ke semua jurusan. Lakukan selama 3 menit beberapa kali sehari.
  4. Gerak Berkait Letakkan kaki kiri di atas kaki kanan dan jalin jari-jari tangan kanan dan kiri di depan dada. Lakukan selama 1 menit. Tarik napas dalam-dalam, tutup mata dan letakkan lidah di langit-langit mulut.
B. Pemanasan :
  1. Neck Rolls (memutar kepala) Naikkan bahu, tundukkan kepala ke depan, perlahan putar dari satu sisi ke sisi linnya, ambil napas. Lanjutkan dengan menengadahkan kepala ke belakang, putar ke kiri dan ke depan. Ulangi dengan bahu diturunksn.
  2. Lazy (malas) Tangan kiri direntangkan sambil diputar membentuk angka 8, bergantian dengan tangan kanan, lalu lakukan bersamaan dengan tangan kiri dan kanan.
  3. Crooss Crawl (gerak diagonal) Gerakan badan ke depan, ke samping, ke belakang, dan arahkan mata ke semua jurusan. Kadang-kadang menyentuh tangan kelutut secara verlawanan. Bila tangan kanan ke samping atas, kaki kiri ke samping bawah, lakukan beberapa kali.
  4. The Grounder (kuda-kuda) Mulai dengan kaki terbuka, rahkan kaki kanan ke kanan, tetapi kaki kiri tetap lurus ke depan. Tekuk lutut kanan sambil buang napas, lalu ambil napas waktu lutut kanan diluruskan kembali. Pinggul ditarik ke atas. Lakukan beberapa kali, kemudian lanjutkan dengan yang kiri.
  5. The Gravity Glider (bandul gravitasi) Posisi duduk di kursi, silangkan kaki, tetapi lutut tetap rileks. Tundukkan badan ke depan dengan lurus. Buang napas waktu naik. Ulangi beberapa kali, kemudian ganti kaki.
  6. Th Rocker Duduklah di lantai di atas matras, letakkan tangan di samping tubuh, siku ditekuk kedua kki diangkat sedikit, dan putar pinggul beberapa kali.
  7. Cross Crawl Sit-Up (gerk diagonal telentang) Posisi tidur di lantai, kedua tangan dilipat di belakang kepala, siku kanan disentuhkan ke lutut kiri. Demikian selanjutnya bergantian dengan tagan kiri dan lutut kanan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar