Skip to main content

follow us

ZTE Blade S6, Ponsel Octa Core Usung Koneksi 4G

Spesifikasi dan Harga ZTE Blade S6 - Jika Samsung memiliki seri Galaxy S6, maka ZTE memiliki seri Blade S6. Tetapi keduanya ditargetkan untuk dua segmen yang berbeda, yakni flagship berbanding midrange (menengah). Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 615 octa-core dan RAM 2 GB, smartphone di kelas 2 jutaan ini membawa performa yang lebih dari cukup. Selain itu dibekali juga dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Namun satu hal yang menarik adalah desain bodinya mirip dengan iPhone 6. Berikut ulasannya.

Desain Bodi
Sejak kemunculan iPhone 6, ZTE Blade S6 bukanlah smartphone pertama yang memiliki desain seperti produk milik Apple tersebut. Tercatat ada Lenovo Livo S90, namun memang desainnya terlihat lebih baik, dalam hal ini lebih elegan. Ya, ketika dari jauh, Blade S6 terlihat sekali mirip dengan iPhone 6. Tetapi ketika dari dekat, orang dengan mudah dapat mengetahui bahwa smartphone ini sangat jauh perbandingannya dengan iPhone 6.

Dengan layar 5 inci, Blade S6 masih cukup tipis dengan ketebalan 7,7 mm. Bodinya juga ringan dengan bobot 154 gram. Di dalam genggaman tangan, bodinya juga mantap dipegang berkat permukaan matte yang meminimalkan selip. Sisi-sisi bodinya yang melengkung juga turut memudahkan digenggam. Material plastik sebagai bahan bodi juga terasa kokoh dan tak mudah melengkung saat ditekan.

Layar 5 Inci
ZTE Blade S6 dibekali dengan layar berukuran 5 inci dengan resolusi 720x1280 piksel. Dengan harga di angka 2 jutaan, sepertinya bukan segmen yang tepat untuk menggunakan resolusi 1080 x 1920 (Full HD). Namun Anda tak akan kecewa dengan tampilan konten di layar karena masih terlihat cukup tajam.

Secara default, produksi warnanya terlihat kurang mencolok di mata. Tetapi ZTE menyediakan pengaturan mengenai warna di menu Settings, dan opsi Vivid sudah dapat memanjakan mata karena tingkat saturasi warna akan ditingkatkan.

Android Lollipop
Sebagai smartphone yang dirilis pada tahun 2015, ZTE Blade S6 sudah menggunakan Android Lollipop 5.0. Tetapi untuk tampilannya, ZTE menggunakan Ul sendiri yang bernama MiFavor 3.0. Secara dasar tampilannya tak jauh berbeda dengan kesederhanaan yang dibawa oleh default Ul Android Lollipop. Interface terlihat bersih dan simple sesuai dengan konsep Material Design milik Android Lollipop.
Ikon-ikonnya memiliki desain yang flat dengan sisi melengkung.

Fitur Tambahan
Selain fitur bawaan dari Android Lollipop, ZTE juga menambahkan sendiri berupa fitur Gestures. Fitur ini dapat diatur melalui aplikasi Gestures and Motion. Dengannya Anda dapat mengakses beberapa fungsi pada smartphone tanpa harus berinteraksi dengan layar. Seperti misalnya membalikkan smartphone ke bawah untuk membuat silence notifikasi dan dering panggilan masuk.  Ada juga Pocket Mode yang secara otomatis akan meningkatkan volume dan getar saat smartphone dimasukkan ke saku.

Fungsi gestur lainnya ada dengan memanfaatkan tombol volume. Misalnya menahan tombol volume up dan membuat smartphone horisontal di depan wajah akan mengaktifkan aplikasi kamera. Sedangkan dalam gerakan yang sama namun smartphone berada dalam posisi vertikal akan menyiapkan kamera untuk selfie. Masih ada lagi, yakni panggilan atau menjawab otomatis ketika smartphone didekatkan ke telinga. Terdapat juga gestur dengan mengguncangkan smartphone untuk menjalankan aplikasi secara langsung dari kondisi layar terkunci.

Performa
Untuk dapur pacu, spesifikasinya termasuk lumayan menggunakan Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dengan 4 core Cortex-A53 1.7 GHz dan 4 core lain dengan clock 1 GHz. Kapasitas RAM adalah 2 GB dengan memory internal 16 GB yang dapat diperbesar dengan microSD. Untuk GPU adalah Adreno 305. Tipe prosesor yang digunakan oleh ZTE Blade S6 ini juga digunakan pada Oppo R5, HTC Desire 820 dan Lenovo Vibe X2 Pro.

Chipset Qualcomm Snapdragon 615 menawarkan 8 core CPU yang secara performa masih belum dapat menyamai Snapdragon 800 yang lebih tinggi. Walaupun begitu chipset ini secara arsitektur sudah mendukung 64-bit. Menggunakan GPU Adreno 405 yang ditujukan untuk segmen menengah, performanya sudah lebih dari cukup untuk aktifitas sehari-hari. Intinya kombinasi prosesor octa-core dan RAM 2 GB ini sudah mampu mendampingi aktivitas Anda sehari-hari, dan hari-hari ke depan.

Kamera
Kamera utama yang terdapat di ZTE Blade S6 menggunakan sensor dari Sony IMX214 seperti yang digunakan oleh Xiaomi Mi Note dan OnePlus One, berikut dengan bukaan yang lebar yakni f/2.0. Tetapi memang untuk kualitasnya belum dapat disamakan dengan kedua smartphone flagship tersebut. Namun sisi plusnya aplikasi kamera dapat berjalan dengan cepat sehingga Anda tak akan ketinggalan momen.

ZTE memiliki beberapa fitur pada aplikasi kamera bawaan. Pengaturan default memiliki nama Simple mode. Sesuai namanya, secara dasar membantu Anda untuk mengambil foto dengan cepat, "point and shoot" istilahnya. Tap tombol Settings untuk mengubah bagaimana kamera mengambil foto, seperti HDR, Panorama dan Fun Photo Clear mode yang dapat menghapus objek bergerak tak diinginkan.

Jika ingin mengambil gambar dengan pengaturan lebih detail, maka gunakan saja Expert mode yang memungkinkan Anda untuk mengatur ISO, exposure dan white balance. Untuk hasil fotonya menggunakan kamera utama termasuk biasa saja, dan noise masih terlihat jelas dengan tingkat ketajaman yang kurang di beberapa bagian objek. Namun untuk pengambilan foto dari dekat (macro), Anda bisa mengambil foto dengan bokeh.

Penggunaan mode HDR juga dapat digunakan sebagai solusi, walau tidak dapat dikatakan hasilnya memuaskan juga. Walau resolusinya 13 MP, Anda lantas jangan menilai kualitas hasil fotonya mengagumkan, karena sebenarnya adalah cukup. Kemudian untuk kamera depan, resolusi 5 MP dapat membantu Anda untuk mengambil foto selfie dengan baik.

Baterai
Kapasitas baterainya adalah 2.400 mAh, termasuk besar untuk sebuah smartphone dengan layar 5 inci. Dalam pemakaian sehari-hari, smartphone dapat bertahan hingga setidaknya 10-11 jam. Jika baterai sudah mendekati habls, gunakan saja fitur Battery Saver bawaan dari Android Lollipop.

Kesimpulan
Untuk desain, memang ZTE secara blak-blakan meniru iPhone 6. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor orang justru tidak tertarik. Padahal perusahaan sejenis lainnya yang berbasis di Tiongkok seperti OnePlus dan Xiaomi mampu menghasilkan desain yang orisinil. Seolah ZTE sudah tak memiliki jurus lain untuk membuat produknya menarik di mata sehingga harus meniru desain smartphone populer (dalam hal ini iPhone 6) untuk melakukannya.

Setidaknya jika ingin benar-benar meniru, dapat dilakukan dengan lebih baik dalam hal ini tetap menjaga terlihat elegan seperti yang dilakukan Lenovo Livo S90. Tetapi memang untuk itu harganya bisa naik. Jika Anda mencari sebuah smartphone dengan desain ala iPhone 6 dengan harga terjangkau dan bertenaga, maka Blade S6 dapat dilirik. Sisi plus seperti koneksi 4G, performa tinggi dan baterai besar dapat dinikmati. Harga ZTE Blade S6 dibanderol pada angka Rp 2.599.000.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar