Skip to main content

follow us

Pantai Karang Nini, Tawarkan Pesona Keindahan Laut dan Hutan Alami

Pantai Karang Nini, Pangandaran. Pantai Karang Nini bisa dibilang sebuah pantai dengan lingkungan sekitar yang cukup asri. Pasalnya pantai ini berada di area hutan produksi yang dikelola Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Ciamis. Meski begitu, letaknya masuk wilayah Kabupaten Pangandaran tepatnya di desa Emplak, Kalipucang. Hutan tersebut cukup luas karena menempati lahan sekira 75 hektar.

Pantai Karang Nini menjadi salah satu bagiannya yang diresmikan sebagai tempat wisata 25 September 1985 silam. Di pantai ini terdapat batu karang yang menjadi pemandangan khasnya. Traveler bisa berkunjung ke sini untuk bermain dengan air hingga melakukan berbagai tujuan lainnya. Di Pantai Karang Nini tidak hanya menarik unsur wisata airnya saja. Ada beragam hal yang bisa dilakukan.

Di sana terdapat beberapa fasilitas yang sudah disediakan pengelola setempat. Misalnya terdapat camping ground, play ground, wisata religi dengan berkunjung ke makam Syech Wali Kutub Cikabuyutan dan Anggasinga Wencana Bagaspati, hingga menjelajahi hutan mangrove dan hutan tanaman jati.

Tidak hanya itu, traveler dapat pula mempelajari kegiatan pengelolaan hutan tanaman jati. Langkahnya mulai dari aktivitas persemaian, pemeliharaan hutan, sampai proses produksi. Dan, tidak lengkap menjelajah hutan tanpa mengamati fauna di sana. Beberapa hewan khas Pantai Karang Nini adalah landak, trenggiling, ayam hutan, dan kancil.

Masih di sekitar kawasan Pantai Karang Nini, terdapat terowongan kereta api tua yang dihentikan operasionalnya sejak 3 Pebruari 1981. Terowongan yang dibuat tahun pada 1914 ini bernama Wilhelmina dan disebut sebagai terowongan kereta api terpanjang di Indonesia dengan panjang 1116 meter. Terowongan ini dibuat untuk menyokong jalur kereta api Banjar – Cijulang yang menempuh jarak sekira 82 kilometer.

Untuk menuju ke Pantai Karang Nini bisa ditempuh dengan memakai tranportasi darat seperti bus, mini bus, dan sebagainya. Letaknya ada di jalur wisata Pantai Pangandaran. Ada beberapa alternatif rute yaitu :

1. Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Kalipucang-lokasi objek sejauh ±170 km
2. Bandung-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Kalipucang-lokasi objek sejauh ±210km
3. Cirebon-Kuningan-Banjar-Ciamis-Kalipucang-lokasi objek sejauh ± 170 km

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar