Skip to main content

follow us

Microsoft Lumia 540 Dual, Harga dan Performanya Layak Dipertimbangkan

Spesifikasi dan Harga Lumia 540 Dual - Biasanya Windows Phone bukanlah pilihan pertama ketika membeli smartphone. Padahal dengan harga yang makin terjangkau, ini layak dilirik sebagai pilihan. Salah satunya adalah Microsoft Lumia 540 Dual. Seperti apa kemampuannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Desain
Lumia 540 Dual masih berpenampakan mirip seperti para pendahulunya, yang mengesankan unibodi padahal aslinya casing bisa dilepas. Cara melepas casingnya pun tetap sama, yaitu dengan menekuk batas antara kaca layar dan plastik bodi pada salah satu siku bodi. Yang menarik dari tampilan casing adalah adanya semacam tambahan satu lapisan bening di permukaan. Ini membuat permukaan casing tampak mengkilap dan terasa licin.

Saat ini sudah tersedia warna putih dan hitam. Yang warna biru dan kuning segera menyusul. Nah, kedua warna terakhir tampilannya lebih mewakili keceriaan kalangan muda yang menjadi target pemakainya.

Dimensi dan bobot masih cukup nyaman ditenteng untuk smartphone dengan layar 5 inci. Luas layar 5 inci tentu saja lega untuk ditatap. Sudah dilengkapi brightness otomatis, layarnya responsif terhadap sentuhan, dan mampu menampilkan warna secara alami.

Slot microSD dan kedua slot micro SIM disembunyikan di balik casing. Baterai bisa dicopot, menutupi kedua slot microSIM. Segaris pendek speaker tampak di belakang bodi, tengah bawah.

Kinerja
Microsoft Lumia 540 Dual sudah memakai Windows Phone 8.1 dengan Lumia Denim. Verst teranyar yang memiliki beberapa modifikasi khusus. Kabarnya seri ini termasuk yang dimudahkan upgrade ke Windows 10 yang segera diluncurkan bulan depan.

Dikombinasi dengan prosesor quad-core 1,2 GHz Qualcomm Snapdragon 200 dan RAM 1GB membuat kinerja secara keseluruhan tampak lancar. Layanan-layanan khas Microsoft tentu saja tersedia, dari Skype, Office, sampai OneDrive. Pembeli Lumia 540 Dual juga masih dapat gratis 30 GB untuk OneDrive.

Aplikasi buatan Microsoft di smartphone seperti Microsoft Office bisa dikatakan berfungsi sebagaimana aplikasi serupa di komputer. Mungkin hanya Microsoft Excel yang mengalami sedikit pengurangan.

Cukup banyak pra-install aplikasi pihak ketiga yang tampak, seperti BBM dan Line untuk chat atau Facebook dan Twitter untuk jejaring sosial. Tapi yang paling menyolok adalah PHD Indonesia, termasuk memasangnya di jendela depan. Menurut pihak Microsoft Device, untuk seri ini memang ada kerjasama dengan PHD Indonesia. Aplikasi lainnya tentunya mudah dicari di Store.

Memori internal 8 GB berbagi pakai dengan sistem operasi namun sisanya masih cukup banyak. Ini bisa dibantu slot microSD yang dukung kapasitas sampai 128 GB, plus tentu saja cloud dari OneDrive.

Baterai 2200 mAh milik Microsoft Lumia 540 Dual lebih kecil dibanding Lumia 640 XL dual SIM sebesar 3000 mAh. Namun daya tahan baterai masih cukup awet. Masih sanggup menyisakan sekitar 20% setelah dipakai kira-kira 8 jam sibuk chatting, cek media sosial, main game online, plus ngetik artikel dan sedikit motret. Jangan lupa mengaktifkan Battery Saver.

Smartphone ini belum mendukung 4G, tapi sudah dual SIM. Kompensasi yang masih jempolan mengingat 4G masih belum merata. Kamera depan di-default ke Skype untuk video call. Tapi kita tetap bisa ganti lagi dengan aplikasi video call lainnya.

Multimedia
Untuk sisi multimedia sudah pasti ada (Xbox) Music dan MixRadio, yang masing-masing bisa mengoleksi jutaan lagu yang kebanyakan gratis. Podcasts juga bisa dipakai sebagai player. FM Radio juga ada, yang seperti biasa mengharuskan earphone tercolok supaya aktif. Tak ada pengaturan khusus di sini. Sementara ituVideos bisa membaca format video 1080p.

Kamera
Untuk yang suka memotret, kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP sangat lumayan untuk smartphone di kelasnya. Spesifikasi ini lebih keren dibanding Lumia 640 LTE. Dibanding sesama 8 MP, kualitasnya pun bisa ditandingkan.

Pada kondisi minim cahaya, bise gunakan flash. Yang suka selfie, lebih baik cari sumber cahaya tambahan agar hasilnya lebih baik. Karena kamera depan sudah wide angle, kita bisa ajak lebih banyak teman untuk ber-selfie. Dengan kamera 5 MP. hasilnya tentu lebih dari lumayan.

Lumia Camera, Lumia Selfie, Lumia Storyteller, sampai berbagai tambahan lensanya masih ada dan bisa ditambahkan ke Lumia 540 Dual. Berbagai aplikasi kamera pihak ketiga bisa dengan mudah dicari di Store. Moda kamera berupa Camera, Video, dan Smart Sequence.

Harga
Pertarungan di arena smartphone selama ini banyak mengumbar tinggi-tinggian spesifikasi hardware. Sementara, hardware yang sama bisa jadi memberikan kinerja berbeda ketika menggunakan sistem operasi berbeda. Makanya belakangan Microsoft Device lebih fokus mengangkat kemampuan Windows Phone 8.1 dan berbagai layanan Microsoft ketimbang jorjoran hardware.

Dual SIM masih disematkan, mengingat ini masih populerdi sini. Namun 4G, apa boleh buat, dipangkas untuk mengejar harga kompetitif. Akhirnya harga Microsoft Lumia 540 Dual dibanderol pada kisaran Rp 1.799.000.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar