Skip to main content

follow us

Inilah 5 Makanan Khas Yang Dijumpai Saat Lebaran

Hari raya Idul Fitri atau Lebaran tidak lepas dari hadirnya beragam kuliner lezat. Tiap daerah mungkin berbeda soal menu yang akan dihidangkan buat keluarga dan handai taulan yang bersilaturahim. Namun untuk di Indonesia, ada beberapa jenis makanan yang khas tersaji di meja makan atau meja tamu di rumah.

Ragamnya cukup banyak, mulai dari makanan berat hingga camilan-camilan khas. Dikutip dari laman blog Tokopedia, inilah 5 jenis makanan yang kerap ditemui di rumah orang Indonesia saat Lebaran tiba :
  1. Ketupat. Makanan ini juga kerap menghiasi ornamen ucapan Idul Fitri. Entah bagaimana sejarahnya, namun ketupat cukup lekat dalam budaya lebaran di negeri ini. Ketupat adalah beras yang dimasak dengan memasukkannya pada wadah berbentuk belah ketupat yang terbuat dari janur. Rasanya mirip lontong namun dengan tekstur yang lebih kasar. Ketupat cocok dipadu dengan menu lain seperti sayur hingga opor. Ternyata, budaya makan ketupat saat Lebaran juga terdapat di Malaysia, Singapura, Filipina, dan Brunai Darussalam.
  2. Opor ayam. Jenis masakan berkuah yang khas disajikan saat lebaran adalah opor ayam. Penyajiannya juga seringkali dipadu dengan ketupat. Rasa kuahnya terasa sekali rempahnya dan ini adalah masakan nasional. Isinya adalah potongan daging ayam yang sangat empuk. Kuahnya yang gurih semakin menambah kenikmatan bersantap.
  3. Rendang. Bagi masyarakat Sumatera atau Minangkabau, rendang adalah makanan yang sering tampak pada waktu Lebaran. Masakan rendang memiliki citarasa pedas yang nendang. Bumbu rempahnya sangat kuat aroma dan rasanya. Rendang tidak hanya akan diisi dengan daging sapi, tetapi kerap pula diganti dengan daging ayam, bebek, hati, paru, dan lainnya yang harganya lebih terjangkau.
  4. Sambal goreng kentang. Ini biasanya disajikan melengkapi hadirnya ketupat dan opor ayam. Sambal goreng ini memiliki pedas sedang, dan isiannya juga ditambahkan hatis sapi, ampele, pete, dan wortel sebagai pelengkap isian kentang.
  5. Kue kering. Kalau yang ini cemilan khas Lebaran. Menjelang Idul Fitri tiba, banyak orang yang berburu kue kering seperti nastar selai nanas, nastar keju spesial, putri salju, lidah kucing, dan sebagainya sebagai hidangan untuk tamu yang berkunjung. Sering pula kue kering ini dijadikan hadiah untuk keluarga, saudara, atau tetanga kala Lebaran tiba.
Demikian itulah 5 Makanan Khas Yang Dijumpai Saat Lebaran. Kelima jenis makanan yang tersebut di atas merupakan jenis makanan yang sudah menjadi tradisi di setiap hari Lebaran tiba. Selamat menyambut hari kemenangan. Mohon Maaf lahir dan bathin.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar