Skip to main content

follow us

Liberal Familia, Keluarga Pump It Up Dengan Segudang Prestasi

Komunitas Liberal Familia - Jika Anda sering main ke pusat game arcade tentu pernah melihat atau bahkan memainkan game berjudul Pump It Up atau PIU. Sebuah game dance asal Korea dengan 5 hingga 10 panel untuk diinjak yang didatangkan tahun 2002 lalu ke Indonesia.

Nah, di Bandung ternyata ada komunitasnya. Mereka menamakan diri sebagai Liberal Familia. Dan tidak main-main, komunitas ini punya segudang prestasi.

Komunitas ini didirikan oleh Ershin Awamu, Kimi Kimrun, dan Lakstyo Hadi di Bandung pada 20 Mei 2007. Awalnya LiFa didirikan untuk memenuhi syarat keikutsertaan para anggotanya agar bisa mengikuti kompetisi nasional Pump It Up bernama Indonesian Pump Festival (IPF) pada tahun 2007 lalu.

Namun seiring berjalannya waktu, LiFa pun berkembang dan menjadi sebuah komunitas besar yang memiliki hubungan erat sesama anggotanya. Menurut Ershin Awamu, komunitas ini membentuk ikatan kuat antar membernya dikarenakan kesamaan hobi, visi, dan misi, dengan tidak memandang skill, tingkat edukasi, maupun tingkat sosial tiap member. Itulah kenapa ada embel-embel familia pada nama mereka.

Untuk kegiatannya sendiri, pada umumnya adalah meningkatkan keterampilan para anggotanya. Mereka rutin melakukan workshop dance, latihan rutin, mini event bulanan, dan evaluasi rutin bulanan. Selain juga melakukan gathering dengan klub-klub Pump It Up lain.

LiFa juga mengadakan lomba tahunan yang disebut dengan Simplymatic. Bekerjasama dengan berbagai Game Center. Yang bisa diikuti oleh para Pumper dari seluruh Indonesia. Dan anggota LiFa juga aktif mengikuti kompetisi-kompetisi tingkat nasional maupun internasional.

Beberapa prestasi yang berhasil mereka raih adalah :
  • Juara 1 IPF 2014 Goes to Korea Kategori Speed
  • Juara 4 Nasional International Pump Festival 2014 Kategori Freestyle
  • Juara 9 Internasional International Pump Festival 2014 Kategori Freestyle
  • Juara 1 Nasional International Pump Festival 2014 Kategori Speed
  • Juara 5 Internasional International Pump Festival 2014 Kategori Speed
  • Juara 1 IPF 2012 Goes to Korea Kategori Speed
  • Juara 2 IPF 201 T Kategori Freestyle 
  • Top 10 IPF 2007 Kategori Freestyle
Menurut Ershin Awamu, komunitas ini juga jadi ajang untuk mendapatkan banyak teman dari banyak kota, belajar bagaimana mengatur organisasi, belajar bagaimana memahami individu lain, dan belajar mendukung mereka sesuai dengan kelebihan masing-masing.

Melihat komunitas-komunitas game arcade yang masih berkembang, industri arcade memang bisa jadi ladang tersendiri yang belum banyak digarap.

Bagi Anda yang ingin bergabung dengan Komunitas Liberal Familia, Anda bisa cari tahu lebih lanjut tentang komunitas ini di Facebook. Atau Anda juga bisa mendatangi acara latihan mereka yang sering diadakan di Game Master cabang Istana Plaza, Bandung.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar