Skip to main content

follow us

Komunitas Kopi Keliling (Kopling)

Seni, budaya, dan kreativitas bangsa Indonesia sudah terbukti luar biasa hebatnya. Bisa kita lihat dari betapa banyak negara lain yang jatuh cinta terhadap Indonesia sehingga membawa berbagai kesenian Indonesia ke negara mereka masing-masing.

Contoh lainnya? Luar biasa banyak. Mulai dari relic peninggalan budaya masa lalu, musik tradisional yang luar biasa banyak, sampai kain dan motif yang luar biasa banyaknya.

Namun kebanyakan apresiasi terhadap hal-hal luar biasa di atas lebih besar datang dari pihak luar daripada orang Indonesianya sendiri. Sesuatu yang cukup ironis ketika dipikirkan kembali.

Kopi Keliling adalah sebuah gerakan yang percaya bahwa seni dan kreativitas dapat melakukan perubahan berarti bagi bangsa Indonesia. Dengan mendekatkan seni, kreativitas ke masyarakat yang lebih luas, Kopi Keliling berharap dapat menciptakan gairah untuk terus berkarya.

Berkarya di sini tidak terpaku kepada orang-orang yang berada di 'dunia' kreatif saja, namun untuk siapa saja yang ingin berekspresi dan mengkomunikasikan sesuatu. Karya-karya yang tidak melulu 'berbicara' tentang apa kebisaan kita, namun lebih ke apa, yang bisa kita sampaikan melalui kebisaan kita.

Maka dari itu, Kopi Keliling menghadirkan para visual artist muda berbakat untuk menampilkan karya-karya mereka melalui acara yang diadakan berkala secara berpindah dari ruang publik satu ke ruang publik lainnya. Walau bertujuan untuk menampilkan karya-karya seni dari para visual artist, namun Kopi Keliling memahami bahwa tanpa penonton karya-karya tersebut tidak akan ada artinya. Jadi melalui berbagai kegiatan dalam acara, Kopi Keliling selalu berusaha untuk menciptakan interaksi antara penonton dengan karya para visual artist, visual artist dengan penonton, penonton dengan penonton lainnya, visual artist dengan visual artist lainnya.

Bicara tentang kreativitas, Indonesia sudah terbukti memiliki banyak orang yang berbakat. Namun sayangnya, jarang sekali ada kesempatan bagi mereka untuk bisa menyalurkan kreativitasnya ke masyarakat. Ironisnya, apresiasi justru lebih banyak didapat dari negara luar dibanding negara sendiri.

Melihat hal tersebut maka terbentuklah komunitas bernama Kopi Keliling (Kopling) yang dibentuk oleh Raymond Malvin dan Aris Aprillo.. Tujuan dibentuknya komunitas ini untuk memberikan kesempatan bagi para seniman berbakat Indonesia agar bisa menyalurkan karya-karyanya ke masyarakat.

Raymond mengungkapkan mengenai alasan mengapa menjadikan kopi sebagai nama komunitas yang dibentuknya, ia percaya jika kopi adalah hal yang erat kaitannya dengan kehidupan para pekerja seni. Bukan hanya itu saja, kopi merupakan salah satu hasil kekayaan Indonesia yang sudah mendunia dan Indonesia sendiri telah masuk dalam 5 besar penghasil kopi di dunia.

Sedangkan kata "Keliling" diberikan karena komunitas ini sering mengadakan acara dengan menghadirkan visual artist muda berbakat untuk menampilkan karya-karya mereka melalui acara yang diadakan berkala dan berpindah - pindah dari ruang publik satu ke ruang publik lainnya.

Pameran karya tersebut sering diadakan di kedai-kedai kopi dengan kopi sebagai temanya. Kopi Keliling berharap menjadi sebuah acara kreatif yang unik, edukatif, sekaligus menghibur dan menjadi hiburan alternatif bagi semua orang.

Perubahannya ada di setiap elemen acara Kopi Keliling. Dari mulai visual artistnya, karyanya, kedai kopinya, narasumbernya, kopinya, bandnya, pengunjungnya. Kami sangat percaya, orang kreatif cenderung lebih kritis, ekspresif, aktif, dan cepat bertindak. Lihat saja MacGyver dengan segala keahlian dan kreativitasnya, selalu menjadi kunci dari 'keselamatan' segala rintangan yang menghadang dirinya dan juga orang-orang di sekitarnya.

Kunci perubahan Indonesia ada di tangan kita semua, melalui tindakan kita, melalui karya-karya kita. Jadi, Kopi Keliling berharap dengan menampilkan orang-orang muda kreatif dengan menampilkan karya yang 'berbicara' tentang betapa luar biasanya Indonesia, dapat menjadi inspirasi kita semua dalam membuat karya-karya berikutnya. Semakin banyak yang bangga dengan budaya lokal dan terus mengangkat hal-hal lokal dalam kesehariannya, maka Kopi Keliling yakin kita tidak akan kalah dengan bangsa lain!

Like they say, "Good things happen over coffee". Jadi siapa pun Anda, mau pelajar, mahasiswa, art director di agency, bankir, pengacara, dokter, atau bahkan ibu rumah tangga, yuk ikut 'ngopi' bareng di Kopi Keliling.

Nah, mau lebih dekat dengan komunitas Kopi Keliling? kalian bisa lihat situs mereka di kopikeliling.com atau Facebook KopiKeliling. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai informasi seputar acara-acara kreatif yang diadakan Kopling.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar