Skip to main content

follow us

Komunitas Faktabahasa, Clubbing Sebagai Media Diskusi

Komunitas Faktabahasa - Bahasa merupakan media komunikasi universal antar sesama manusia. Dan setiap belahan dunia berbeda membawa bahasa yang berbeda juga. Yang perlu dicatat adalah bahasa bukan sekadar alat komunikasi saja, melainkan juga sebagai identitas suatu bangsa atau negara. Bahasa Indonesia misalnya, jelas menjadi identitas bangsa semenjak dicetuskannya Sumpah Pemuda. Bahkan pada salah satu butirnya disebutkan bahwa para pemuda-pemudi menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia. Jadi memang bahasa tidak dapat dikesampingkan dalam sebuah sejarah bangsa.

Di jaman modern ini, banyak sekali orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa negara lain atau asing. Dengan menguasai sebuah bahasa, maka itu merupakan jalan awal untuk mengenal budaya lebih jauh dari negara atau bangsa tersebut.

Ide tersebut yang menjadi dasar dari Komunitas Faktabahasa (Faba). Komunitas yang didirikan oleh Erlangga Greschinov ini menitikberatkan pada anggotanya untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia, berikut negara lain.

Awal terbentuknya komunitas ini adalah melalui dunia maya, tepatnya saat Erlangga membuat akun Twitter ©faktabahasa pada tahun 14 Januari 2012. Alasan mengapa membuat akun tersebut sebenarnya hanyalah iseng semata, bahkan beberapa bulan akun tersebut tidak diurus dan dibiarkan saja. Erlangga pun hanya mencantumkan akun tersebut di blog pribadinya.

Namun pada akhirnya banyak orang yang mem-foilow akun @faktabahasa, berkat dari blognya juga. Seiring berjalannya waktu, Erlangga mulai serius terhadap akun tersebut. Alhasil awal Januari 2013 akun ©faktabahasa memiliki 10.000 follower. Erlangga pun mulai menganggap bahwa akun ini sangat berpotensi untuk dijadikan komunitas sosial.

Komunitas Faktabahasa pun akhirnya didirikan pada Maret 2013 dibantu dengan 2 orang kawannya yang berkuliah di Satra Perancis UPI. Langkah awal yang dilakukap adalah membuka open recruitment untuk pengurus dan tutor Faktabahasa. Setelah tutor didapatkan, maka klub bahasa pun terbentuk seperti Perancis, Inggris, Jerman, Italia, Mandarin, Jepang, Arab, Spanyol, Korea dan Rusia.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Faktabahasa adalah Clubbing. Jangan pikirkan untuk berpesta pora di diskotek, Clubbing di sini maksudnya adalah berkumpul untuk menguasai satu bahasa yang diminati. Selain mempelajari bahasa, para anggota juga membahas mengenai budaya negara dari bahasa yang bersangkutan. Tempat serta waktu Clubbing disesuaikan dengan tutor masing-masing. Kemudian anggota dapat menyesuaikan jadwal Clubbing dengan kegiatan sehari-hari.

Selain Clubbing yang biasa dilakukan tiap minggu, Faktabahasa juga rutin mengadakan pertemuan antar regional. Terdapat setidaknya beberapa regional Faktabahasa di Indonesia, yakni Tangerang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Malang, Solo dan Semarang.

Sebelum bergabung dalam Komunitas Faktabahasa, calon anggota diuji untuk mengetahui pemahaman awal mengenai bahasa yang diminati. Proses perekrutan ini istilahnya adalah internalisasi dan diadakan tiap empat bulan sekali. Saat masa internalisasi, setiap calon anggota mendapatkan keuntungan karena bisa mendapatkan banyak teman dari calon anggota, anggota, serta tutor.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar