Skip to main content

follow us

General Medical Check Up, Perlu atau Tidak?

General Medical Check Up - Mungkin kita sangat familiar dengan pepatah "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati". Ada orang-orang yang benar-benar melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap berbagai penyakit, namun ada juga orang yang menjadikan pepatah itu hanya sekedar slogan dan sangat enggan melakukan pencegahan kesehatan.

Yang masih menjadi kebiasaan di masyarakat kita adalah orang-orang tidak akan mengunjungi atau berkonsultasi dengan dokter jika tidak merasakan keluhan apa-apa berkaitan dengan kesehatan tubuhnya, hal ini disebabkan karena memang kesehatan bagi sebagian besar masyarakat kita belum menjadi prioritas utama, dengan kata lain masih rendahnya kesadaran individu akan pentingnya nilai kesehatan.

Kita baru akan mengunjungi dokter apabila memang benar-benar sudah ada keluhan dan merasa dirinya sakit. tanpa kita sadari semakin bertambahnya umur kita, maka fungsi-fungsi organ dalam tubuh kita semakin hari semakin mengalami penurunan, hal itu disebabkan karena kondisi sel-sel di dalam tubuh kita semakin menua. Tentunya kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda, ada yang masih segar bugar di usia 40 tahun ke atas, atau malah ada yang sering mengeluhkan bahkan divonis mengidap suatu penyakit padahal usianya masih 20 tahun.

Seiring perubahan gaya hidup, aktivitas, pola makan dan stress yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan ftsik dan mental seseorang, ditambah lagi semakin banyaknya jenis penyakit yang tidak menunjukkan gejala apapun pada awalnya, saat ini banyak kejadian penyakit yang ketika terdeteksi sudah sulit untuk disembuhkan, bahkan parahnya terlambat untuk ditangani.

Disinilah pentingnya kita secara berkala melakukan pemeriksaan kesehatan atau biasa disebut General Medical Check Up. Apa itu General Medical Check Up ? General Medical Check Up merupakan pemeriksaan minimal lengkap yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya suatu kelainan atau penyakit di dalam tubuh. General Medical Check Up merupakan salah satu cara kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan boleh dikatakan ini merupakan bagian dari investasi masa depan untu jangka panjang.

Dengan melakukan General Medical Check Up kita dapat mengetahui serta mengukur kesehatan tubuh kita secara fisik dan laboratoris, khususnya mengetahui fungsi-fungsi dari organ tubuh kita apakah masih berfungsi dengan baik atau mulai ada penurunan fungsi organ. Jika memang ada penurunan fungsi organ dalam tubuh kita, tentunya kita dapat melakukan pencegahan agar kondisi kesehatan kita tidak semakin buruk dikarenakan penurunan fungsi organ tadi.

General Medical Check Up dapat dilakukan oleh Dokter Internist (Penyakit Dalam) atau Dokter Umum yang berkualifikasi melakukannya. Pemeriksaan apa saja yang biasanya dilakukan saat kita melakukan General Medical Check Up:

Wawancara Riwayat Kesehatan
Berikan informasi yang lengkap dan akurat sesuai apa yang dirasakan dalam tubuh anda ketika dokter menanyakan kondisi umum, penyakit dan operasi yang pemah kita jalani, atau penggunaan obat-obatan apa saja yang biasa kita konsumsi. Beri jawaban yang benar juga ketika dokter menanyakan kebiasaan gaya hidup kita, frekuensi olah raga yang kita jalani, apakah ada penyakit tertentu yang diturunkan dari keluarga dan bebarapa pertanyaan yang masih bersifat umum lainnya.

Pemeriksaan Fisik
Untuk pemeriksaan secara menyeluruh dan untuk diagnosis lebih lanjut untuk menentukan kondisi kesehatan umum dalam tubuh kita, dokter akan melakukan pengukuran tekanan darah, detak jantung, denyut nadi, pemeriksaan pernafasan, mata, kulit, perut, leher, kelenjar getah bening dan refleks saraf. Dokter juga perlu mengukur tinggi dan berat badan kita untuk menghitung indeks massa tubuh.

Pemeriksaan Pendukung
Selanjutnya dokter akan menyarankan kita melakukan serang-kaian pemeriksaan penunjang laboratorium untuk melakukan tes darah dan urine untuk mengidentifikasi kemungkinan gangguan atau penurunan fungsi organ. Dengan melakukan pemeriksaan darah dan urine dokter dapat mengetahui antara lain kadar gula darah, lemak darah, fungsi hati dan fungsi ginjal. Sedangkan untuk mengukur kebugaran dan kesehatan jantung, dokter akan meminta kita mengikuti pemeriksaan threadmill, EKG.Terkadang dokter juga akan menyarankan pemerikasaan rontgen.

Wawancara Akhir
Ini adalah tahap akhir saat kita melakukan General Medical Check Up, dokter akan membahas hasil-hasil dari General Medical Check Up yang telah kita jalani dan dokter akan melakukan langkah-langkah apa saja sesuai dengan hasil pemeriksaan laboratorium, menyusun profil kesehatan kita untuk penyakit kardiovaskular dan penyakit lainnya serta memberikan saran-saran untuk meningkat-kan kesehatan dan kebugaran tubuh kita selanjutnya

Hal lain yang tidak kalah penting kita lakukan sebelum General Medical Check Up adalah:
  • Berpuasa selama 10 -12 jam sebelum pemerikasaan
  • Tidur yang cukup 6-8 jam
  • Untuk perempuan yang akan melakukan General Medical Check Up tidak dalam konsisi haid (minimal 7 hari setelah haid bersih)
General Medical Check Up memberikan manfaat besar atas kesehatan tubuh kita, dengan adanya catatan dan riwayat dari hasil General Medical Check Up yang kita lakukan akan sangat membantu dokter menganalisa kondisi tubuh kita yang sebenarnya serta langkah pencegahan atau pengobatan jika memang dari hasil General Medical Check Up tubuh kita terdiagnosa suatu penyakit.

Seperti dipaparkan diatas bahwa General Medical Check Up merupakan investasi masa depan, mengingat biaya pengobatan di Indonesia bisa dikatakan mahal. Dengan rutin melakukan General Medical Check Up kita dapat mendeteksi penyakit sejak dini, jika sudah terlihat ada yang tidak normal dapat segera diobati untuk menghindari komplikasi lebih lanjut yang membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Ingatlah selalu pepatah "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati".

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar