Skip to main content

follow us

Inilah Cara Mudah Mudik Sehat dan Nyaman

Tips Mudik Sehat dan Nyaman - Selama menjalani mudik Lebaran tubuh harus senantiasa sehat. Perjalanan yang kerap membuat tubuh lebih lemas dan kemungkinan mengalami dehidrasi selama dalam di dalam kendaraan. Oleh sebab itu, pemudik harus selalu memperhatikan kesehatannya agar kegiatan mudik berlangsung lebih aman dan nyaman hingga ke tempat tujuan.

Berikut beberapa cara yang patut Anda coba agar aktivitas mudik bebas hambatan dengan primanya kesehatan badan:
  1. Pastikan cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan mudik. Kebugaran fisik sangat penting untuk diutamakan saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini terutama diperlukan bagi pemudik yang melakukan perjalanan darat dan laut dengan waktu tempuh cukup lama. Setidaknya sebelum berangkat sudah beristirahat minimal enam jam.
  2. Tidak menyetir mobil atau motor selama lebih dari enam jam. Jika melakukan mudik jauh dengan kendaraan pribadi, ada baiknya membawa dua orang yang bisa saling bergantian mengemudi terutama untuk perjalanan lebih dari 12 jam. Selain itu, setiap maksimal 6 jam sekali aktivitas mengemudi sebaiknya dihentikan dahulu untuk beristirahat. Pasalnya, kondisi yang amat lelah akan membuyarkan konsentrasi.
  3. Gunakan tempat istirahat selama mudik. Tempat istirahat atau rest area yang tersebar di berbagai titik rute mudik sebaiknya dimanfaatkan. Tempat tersebut bisa dijadikan lokasi tidur sejenak atau mengembalikan kesegaran pikiran. Jika mengalami masalah kesehatan, manfaat layanan medis yang biasanya juga menjadi bagian dari rest area.
  4. Hindari menahan buang air kecil terlalu lama. Lebih baik Anda menuntaskan keinginan buang hajat tersebut daripada terganggu konsentrasi selama berkendara. Selain itu, menahan kencing cukup lama dapat membahayakan ginjal maupun memicu infeksi saluran kencing.
  5. Bawa bekal makanan yang bergizi. Nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh sangat diperlukan selama mudik. Banyaklah makan buah dan sayuran, lalu hindari makanan cepat basi.
  6. Bawa obat-obatan yang diperlukan. Jika Anda memiliki penyakit tertentu, jangan lupa untuk menyediakan obat secukupnya. Selain itu, obat-obatan standar yang dirasa diperlukan selama mudik baiknya dibawa seperti obat antimabuk, balsem, dan sebagainya.
Demikian informasi Cara atau Tips Mudik Sehat dan Nyaman ini. Jangan lewatkan juga informasi terbaru seputar mudik yang akan kami informasikan selanjutnya. Selamat mudik, semoga selamat sampai tujuan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar