Skip to main content

follow us

Taman Wisata dan Cagar Alam Pangandaran

Cagar Alam Pangandaran merupakan objek wisata yang tak kalah menarik yang cocok dimasukkan dalam agenda liburan keluarga. Objek tersebut memiliki Taman Wisata Alam yang terletak tidak jauh dari Pantai Pangandaran. Taman Wisata Alam Pangandaran menawarkan perjalanan wisata yang tidak membosankan. Traveler bisa menikmati beragam daya tarik wisata yang bernilai edukasi.

Contoh saja, di Pantai Pasir Putih Timur dan Barat yang ditemui terumbu karang dengan aneka biota hewan dan tumbuhan air di dalamnya. Di sana sering dijadikan lokasi untuk penelitian biota laut. Selain itu menarik pula menjadi tempat untuk berenang, snorkeling, hingga penyelaman.

Di cagar alam mini ada pula Hutan Pantai yang punya formasi Baringtonia. Jenis tanaman yang mendominasi adalah Butun (Baringtonia asiatica), Nyamplung (Callophylum innophylum), Pandan Laut (Pandanus tectorius), dan Waru Laut (Hibiscus tilliceus).

Jika ingin berkunjung ke Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pangandaran dapat menuju ke Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Kedua tempat tersebut berhimpitan dengan luas mencapai 37,7 hektar. Sementara itu. Luas blok pemanfaatan mencapai 20 hektar. Lokasi ini termasuk berada di dataran rendah karena lokasinya ada di 0-75 meter di atas permukaan laut.

Sementara itu, di area hutannya banyak ditemukan berbagai jenis fauna liar. Misalnya kera, lutung, landak, trenggiling, rusa, hingga kancil dan lain sebagainya. Bagi pengamat burung, di tempat ini bisa ditemukan burung tulumtumpuk, dan kangkareng. Ditemukan pula ayam hutan dan ular sanca. Namun perlu dipatuhi, hindari untuk memberi makan hewan di sana agar tidak agresif.

Cagar Alam Pangandaran juga mampu memberikan berbagai fungsi, yang di antaranya secara umum sekedar rekreasi dengan menikmati alaminya alam disana, secara khusus di antaranya untuk kepentingan Ilmu pengetahuan, Penelitian dan juga Pendidikan.

Karena bisa dikatakan juga bahwa Cagar Alam Pangandaran ini merupakan laboratorium alam, dimana proses kehidupan alamnya tidak begitu terganggu. Satwa liar, biota laut dan vegetasinya sangat menarik serta memungkinkan dilakukan aktifitas wisata alam yang menarik.

Baca juga : Paket Wisata Pangandaran
Adapun kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan di cagar alam Pangandaran diantaranya adalah :
  1. Di taman laut kita bisa berenang/snorkeling, disini bisa dinikmati dan mengamati bagaimana kehidupan dalam lingkungan terumbu karang.
  2. Sedangkan di daratannya wisatawan juga bisa mengamati kehidupan satwa liar yang ada. Dan nilai plusnya anda akan merasakan suasana alam yang membuat anda fresh.
Sedangkan untuk sarana dan prasarana yang tersedia disana, antara lain yaitu :
  • Pintu gerbang
  • Loket karcis
  • Tempat parkir
  • Pesanggarahan
  • Pusat informasi
  • Kantin
  • Mushola
  • Jalan setapak
  • Kopel dan shelter. Dll
Untuk bisa sampai di kawasan Cagar Alam Pangandaran sangat mudah karena jalur penghubung ke kawasan ini kondisinya cukup baik. Jika Anda dari Bandung Rute perjalanannya yaitu : Bandung - Tasikmalaya - Ciamis - Banjar - Pangandaran. Untuk Jarak tempuhnya sekitar 223 Km.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar