Skip to main content

follow us

Axioo PicoPad S2, Harga Terjangkau, Dukung Dual SIM

Di tahun 2015 ini, Axioo yang dikenal sebagai produsen notebook mengenalkan berbagai varian smartphone dan tablet. Dengan semakin tingginya tren penggunaan perangkat mobile, banyak sekali produsen sejenis yang juga merambah dunia smartphone serta tablet Android. Untuk Axioo, beberapa produk gadgetnya telah kita kenal. Kali ini kita kedatangan tablet dengan seri PICOPad S2.

Dilihat dari harganya yang terjangkau, terlihat bahwa Axioo menargetkan segmen entry level. Hal ini masuk akal mengingat ceruk pasar ini sangatlah empuk untuk dipenetrasi karena smartphone dan tablet sudah bukan barang yang mahal lagi. Berikut ulasannya.

Desain Bodi
Berbeda dengan kebanyakan tablet Axioo lainnya, seri S2 ini memiliki desain berbeda. Keempat sudutnya agak lancip dengan bagian atas dan bawah yang melengkung. Dimensi bodinya adalah 184,5 x 100 x 10,8 mm dengan bobot 300 gram. Bodinya cukup tebal, namun Anda masih dapat memegang  Axioo PicoPad S2 dengan satu tangan secara mudah.

Selain itu cover belakang bodinya dilapisi dengan permukaan matte yang menambah grip saat dipegang. Hanya saja memang permukaan ini mudah meninggalkan sidik jari khususnya ketiga tangan Anda berkeringat. Namun bekasnya dapat dihapus secara mudah dengan sapuan tangan.

Layar
Ukuran layar dari tablet ini adalah 7 inci, dengan resolusi 600 x 1024 piksel. Resolusinya memang termasuk rendah, namun hal ini dapat dimaklumi dengan harganya yang terjangkau berarti ada fitur yang disesuaikan. Panel layar yang digunakan adalah IPS sehingga untuk sudut pandangnya termasuk lebar dengan tingkat kontras yang tinggi.

Nah, satu hal yang menarik di sini adalah layar memiliki tingkat kecerahan yang tinggi. Bahkan dalam persentase tingkat kecerahan paling minim pun konten layar di dalam ruangan masih dapat terbaca dengan baik. Bahkan saking tinggi tingkat kecerahan layar, dalam persentase 50% pun layar sudah terlihat terang di mata. Namun dapat disadari jika tingkat kecerahan layar semakin tinggi, maka tingkat kontrasnya juga semakin tinggi, dimana warna hitam sudah tidak terlihat 100% gelap.

Tentu hal ini membawa sisi positif karena dengan tingkat kecerahan layar minim, maka konsumsi baterai bisa dapat ditekan sehingga daya baterainya bisa lebih lama. Kemudian untuk penggunaan luar ruangan, konten di layar sebenarnya masih dapat dinikmati. Halangannya terletak pada layarnya saja yang memantul.

Android KitKat
Axioo PICOPad S2 dilengkapi dengan Android KitKat 4.4.2 dengan sedikit polesan berupa tampilan ikon yang berbeda dengan bawaan stock OS. Jika dilihat dari aplikasi yang tersedia, memang daftarnya tidak banyak karena hanya aplikasi standar sistem saja. Anda pun dapat menambahnya sendiri dengan mendownload dari Play Store.

Tablet ini dibekali dengan memori internal 8 GB yang dipecah menjadi 2, yakni Internal Storage berkapasitas 2,3 GB sebagai tempat untuk menginstal aplikasi dan Phone Storage berkapasitas 3,8 GB untuk menyimpan file media, alternatif jika belum menambahkan microSD.

Performa
Sama seperti smartphone Axioo PICOPhone M4U, PICOPad S2 menggunakan prosesor yang sama yakni Spreadtrum SC8830 quad-core 1.2 GHz. Anda mungkin belum pernah mendengar prosesor jenis ini, namun dapat membawa performa sama seperti yang dibawa oleh prosesor Qualcomm atau MediaTek. Untuk kapasitas RAM adalah 1 GB dengan GPU Mali-f 400MP.

Kamera
Terdapat sepasang kamera di sini, yakni resolusi 2 MP untuk kamera belakang dan VGA untuk kamera depan. Menariknya adalah untuk kamera belakang sudah dibekali dengan LED flash. Namun sayangnya kamera tidak dibekali dengan fitur autofocus sehingga Anda harus fokus dengan fixed focus saja.

Fitur kamera tersedia secara standar dimana Anda dapat mengatur White Balance, Color Effect, ISO, Saturation, Contrast dan sebagainya. Untuk pengaturan fitur kamera, di sini semuanya ditampilkan dalam satu jendela yakni Camera Settings yang terbagi dalam Camera Settings dan Advanced Settings. Untuk General Settings, Anda dapat mengubah paramater Picture size, Picture quality, White Balance, Color Effect dan lainnya. Lalu untuk Advanced Settings, terdapat pengaturan parameter Exposure, Metering, ISO, Brightness, Saturation dan lainnya.

Lalu pada mode perekaman video, resolusi maksimal yang didukung adalah Full HD. Namun sayangnya saat resolusi tersebut dipilih, framerate terlihat drop. Hal ini juga dialami para resolusi 720P, dan baru terlihat lancar pada resolusi 480p. Kualitas video hasil rekaman kurang lebih sama seperti pada foto yakni kurang tajam. Memang dengan resolusi kamera yang hanya terbatas 2 MP, kualitas foto dan videonya jauh dari kata mengagumkan.

Baterai
Kapasitas baterai yang dibenamkan di baterai ini adalah 2.800 mAh. Masih di bawah tablet 7 inci lain yang membawa baterai berkapasitas rata-rata 3.000 mAh. Anda akan mendapati bahwa baterai ini tidak dapat bertahan seharian penuh, setidaknya tak sampai 8 jam. Anda harus siap membawa charger saat bepergian dan juga power bank jika perlu.

Kesimpulan
Terdapat 2 hal yang menjadi sorotan di tablet ini, yakni performa dan tingkat kecerahan layar yang tinggi. Untuk sehari-harinya, Axioo PICOPad S2 dapat mendampingi kegiatan Anda, baik itu menjalankan tugas berat atau ringan. Tetapi memang kapasitas baterai yang ada tidak dapat mendampingi Anda seharian penuh sehingga wajib hukumnya membawa power bank. Dukungan dual SIM juga menjadi keunggulan tersendiri dimana Anda dapat memanfaatkan satu nomor untuk bertelepon dan berkirim SMS, sedangkan satu lagi untuk koneksi internet. Mengenai harga, Axioo PICOPad S2 dibanderol dengan harga: Rp 1.099.000.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar