Skip to main content

follow us

Aplikasi Lokal yang Bisa Memantau Kesehatan Anda Selama Ramadan

Berpuasa adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam. Tapi kesehatan tetap penting untuk Anda perhatikan. Apalagi kondisi iklim saat ini yang sangat panas. Ketimbang Anda sakit dan harus membatalkan puasa, kenapa, tidak Anda pantau sendiri kesehatan badan Anda sejak dini. Dengan Anda memantau kesehatan badan Anda sejak dini, tentu juga meminimalkan biaya berobat.

Nah, kali ini akan coba diberikan daftar aplikasi lokal yang bisa Anda gunakan untuk memantau kesehatan di saat bulan Ramadhan ini. Dan dijamin sangat menarik. Karena selain bisa Anda akses via smartphone Anda dengan mudah, gratis, dan cepat, Andapun juga bisa berkonsultasi ke dokter secara live.

Apa saja aplikasinya, ayo kita simak bareng saja berikut ini.

ALODOKTER
Alodokter tidak hanya menyediakan semua informasi tentang kesehatan, tapi juga macam-macam penyakit, obat, dan tips hidup sehat buat Anda.

Di menu homescreen, Anda langsung akan disuguhi 2 menu utama, yaitu Tanya Dokter dan Cari Info. Dalam menu Tanya Dokter ini Anda bisa bertanya langsung kepada dokter-dokter yang tersedia tentang semua hal, berkaitan dengan keluhan yang mungkin Anda alami.

Menu Tanya Dokter ini adalah sebuah menu komunitas, di mana pengguna bisa menuliskan pertanyaan langsung di dalamnya, yang nantinya akan direply oleh dokter yang bersangkutan - yang telah bergabung di dalam Alo Dokter.

Tapi untuk bisa menggunakannya, pengguna harus melakukan sign up terlebih dahulu. Dan pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan tadi, nantinya juga bisa dibaca oleh pengguna lain. Kemudian di menu Cari Info, Anda bisa melihat 5 katagori yang disajikan di sana. Yaitu Penyakit A-Z, Obat A-Z, info tentang Hidup Sehat, Kesehatan, dan artikel-artikel tentang keluarga 

DOKTER.ID
Dokter Id mendapatkan pendanaan pada awal Maret lalu. Sebelumnya aplikasi bernama PilihDokter. Dan selain menyajikan beragam info kesehatan, aplikasi ini juga menyediakan fitur tanya jawab langsung kepada dokter terkait, atau yang telah bergabung dengan Dokter Id.

Fitur tanya jawab ini bisa anda pilih langsung dari tampilan utamanya.  Dan yang paling menarik adalah, dengan Dokter Id ini, Anda bisa memerika bagian tubuh Anda yang sakit dengan memilih fitur Cek Sakit Anda

Ketika Anda memilih menu ini, Anda akan dibantu secara bertahap memeriksa bagian-bagian tubuh Anda. Mulai dari identifikasi tubuh, hingga melihat tanda atau gejala penyakit yang mungkin bisa ditimbulkan.

Nantinya, ketika dan sudah selesai dengan semua pengecekannya, sistem Dokter Id akan memberikan identifikasi jenis penyakit yang kemungkinan Anda alamai secara otomatis. Selain itu, Dokter Id juga menyajikan info-info rumah sakit terdekat lengkap dengan alamatnya lewat fitur GPS.

MEETDOCTOR
Sama halnya dengan 2 startup di atas, MeetDoctor juga menyediakan fitur-fitur informasi kesehatan dan cara perawatannya. Selain itu, aplikasi ini juga mewadahi setiap pertanyaan tentang kesehatan yang ingin diajukan pengguna.

Di menu homescreen, Anda bisa melihat semua artikel tentang kesehatan yang menarik buat Anda baca. Sedangkan di menu settingnya, Anda bisa melihat banyak lagi beragam fitur yang disediakan. Mulai dari Topik-Topik menarik, tayangan video. Andapun juga dapat mendownload berbagai majalah kesehatan.

Ohya, MeetDokter juga menyediakan fitur analisa tambahan, yaitu Prevention Diabetes. Anda bisa menggunakannya untuk memeriksa diabetes Anda.

Demikian itulah informasi mengenai Aplikasi yang bisa memantau kesehatan. Selamat menunaikan ibadah puasa dan semoga dengan aplikasi lokal ini kesehatan Anda bisa terpantau dan terjaga. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar