Skip to main content

follow us

Agar Windows 8 Tambah Gegas

Meski Windows 8 berjalan lebih cepat dibanding sistem operasi Windows sebelumnya, dimana proses booting Windows 8 lebih cepat dari versi Windows sebelumnya, juga konsumsi memori yang lebih rendah, dan mempunyai desktop yang baik. Tapi Windows 8 memiliki berbagai pengaturan dimana Anda dapat men-tweak untuk membuatnya lebih cepat lagi.

Berikut adalah 8 cara agar Windows 8 tambah gegas :

1. Non-aktifkan Animasi
Sama halnya pada Windows 7, di Windows 8 selalu menampilkan animasi bila Anda minimize, maximize, open, atau menutup aplikasi. Animasi yang licin dan manis, tetapi bisa mengakibatkan delay. Anda dapat menonaktifkan animasi dan transisi jendela maka akan menjadi instan, dan menghilangkan delay.

Untuk menonaktifkan animasi, tekan tombol Windows, ketik System Performance Properties, dan tekan Enter. Hilangkan tanda centang pada opsi "Animated windows when minimizing and maximizing". Anda juga mungkin ingin menonaktifkan beberapa animasi lainnya, seperti "Fade or slide menus into view" dan "Fade or slide ToolTips into view". Ini akan membuat menu dan tooltips snap menghentikan animasi.

2. Menentukan Resource Apps
Task manager baru Windows 8 yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan program memperlambat komputer. Untuk membuka Task Manager, klik kanan taskbar desktop dan pilih Task Manager. Klik pilihan "More details" jika Anda tidak melihatnya pada sistem antarmuka.

Aplikasi yang menggunakan banyak resource akan disorot, sehingga mudah untuk melihat program mana yang banyak menggunakan sumber daya komputer. Daftar ini juga menunjukkan daftar sederhana dari aplikasi, yang lebih.mudah untuk memahami dan skim dari daftar proses gaya lama (jika Anda memilih daftar proses gaya lama, itu masih tersedia pada tab Details).

3. Mengatur Program Startup
Windows Task Manager sekarang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menonaktifkan program yang dimulai dengan komputer Anda. Klik tab Startup dalam Task Manager untuk mengakses pilihan ini.

Windows juga menganalisis berapa lama setiap program yang dibutuhkan untuk memulai dan menampilkan informasi ini dalam kolom Startup. Pilih program dan klik Disable untuk mencegah dari starting dengan Windows, tentunya akan mempercepat proses startup Anda.

4. Penggunaan Program Keamanan
Bila Anda menginstal aplikasi keamanan dari pihak ketiga bisanya yang sering memperlambat komputer Anda, coba gunakan aplikasi keamanan yang disertakan. Windows sekarang sudah memasukkan antivirus bernama Windows Defender. Aplikasi ini pada dasarnya sama dengan aplikasi Microsoft Security Essentials.

Windows 8 juga mencakup fitur SmartScreen, yang menganalisis seberapa dipercaya program yang Anda download. Seperti pada versi sebelumnya dari Windows, Windows 8 juga mencakup firewall yang menghalangi koneksi masuk. Jika Anda ingin pengaturan lebih dan pilihan, Anda mungkin ingin menginstal sebuah suite keamanan pihak ketiga - namun sebagian besar pengguna akan menemukan bahwa program, termasuk keamanan Windows 8 akhirnya cukup lengkap untuk diandalkan.

5. Memodifikasi Pengaturan Daya
Windows 8 menggunakan power plans untuk menentukan apakah baterai atau kinerja harus diprioritaskan, seperti versi Windows sebelumnya. Untuk melihat kekuatan pengaturan plan, tekan tombol Windows, ketik Power Plan, klik Settings, dan tekan Enter.

Pada default Balanced mode, Windows secara otomatis mengurangi kecepatan CPU Anda ketika memaksimalkan kecepatan tidak diperlukan. Ini akan menghemat daya. Untuk memeras semua kinerja Anda dapat keluar dari perangkat keras Anda, Anda mungkin ingin mencoba performa tinggi sebagai gantinya. Dalam mode kinerja tinggi, kecepatan CPU Anda tidak pernah berkurang. Ini berjalan pada kecepatan penuh sepanjang waktu.

Namun, hal ini tidak selalu hal yang baik. Bahkan kinerja tinggi dari PC gaming yang hanya digunakan untuk browsing.terkesan sia-sia memacu CPU dengan kecepatan penuh. Hal ini hanya membuang-buang daya dan menghasilkan panas tambahan.

Apapun rencana Anda pilih, pastikan Anda tidak menggunakan Power saver. Ini hanya berguna jika Anda ingin memeras tenaga baterai dari laptop Anda.

6. Pasang Komputer Anda Untuk Tidur
Salah satu aspek Windows 8 yang paling kontroversial adalah cara mengubur pilihan Shut Down pada menu tersembunyi. Microsoft ingin mendorong Anda untuk menggunakan modus Sleep bukan mematikan komputer Anda.

Bila Anda menggunakan Sleep, komputer Anda masuk ke dalam keadaan yang sangat rendah daya untuk menggunakan daya dan hanya cukup untuk menjaga program juga membuka file aktif dalam RAM komputer. Ketika Anda kembali ke komputer Anda, ia akan melanjutkan dari mode Sleep. Menggunakan Sleep bukannya Shut Down secara dramatis dapat mempercepat ketika Anda kembali duduk di depan komputer.

Anda akan menemukan pilihan Sleep/tidur di bawah tombol power dalam pesona Settings. (Tekan Windows Key + C, klik Settings, klik Power, dan pilih Sleep). Tombol power komputer Anda juga dapat dikonfigurasi untuk menggunakan Sleep otomatis. Anda dapat mengubah opsi ini dengan mengklik Pilih apa tombol daya melakukan pilihan di jendela Power Options disebutkan di atas.

7. Optimalkan Hard Drives
Windows 8 juga memasukkan Disk Defragmenter standar, sekarang bernama tool Optimalkan Drives. Untuk mengaksesnya, tekan tombol Windows, ketik Defragment, klik Settings, dan tekan Enter.

Perhatikan bahwa Windows 8 secara otomatis mengoptimalkan (defragments) drive Anda sekali per minggu secara default. Namun, jika Anda memindahkan banyak file, Anda mungkin ingin mengoptimalkan drive Anda lebih cepat.

Seperti pada versi Windows sebelumnya, klik tombol Analyze untuk melihat persis bagaimana file sistem Anda terfragmentasi.

8. Kontrol Windows Indexing
Layanan pengindeksan Windows secara otomatis mampu men-scan file di komputer Anda dan memonitor untuk setiap perubahan, ini membantu Anda untuk cepat mencari file tanpa menunggu.

Pengindeksan ini memakan waktu pada CPU (dan menggunakan waktu CPU lebih jika Anda sering mengubah banyak file) sehingga nonaktifkan dapat membantu Anda mengurangi penggunaan CPU.

Ingatlah bahwa pengindeksan mempercepat pencarian. Jika Anda secara teratur menggunakan fitur pencarian File di Start screen atau fitur pencarian dalam Windows Explorer, Anda tidak akan ingin menonaktifkan pengindeksan. Anda hanya harus menonaktifkan pengindeksan jika Anda tidak menggunakan fitur pencarian.

Untuk menonaktifkan Windows Search, tekan Start, ketik services.msc, dan tekan Enter. Gulir ke bawah dalam daftar, cari layanan Windows Search, klik kanan dan pilih Properties. Set kotak Startup untuk Disabled, klik tombol Stop untuk menghentikan layanan, dan klik OK.

Untuk menonaktifkan layanan seluruh pengindeksan, Anda juga mungkin ingin mengontrol mana folder Windows Search indeks. Secara default, indeks Users folders, jika Anda memiliki beberapa folder penuh file Anda tidak ingin mencari, terutama yang sering melakukan perubahan file, Anda mungkin ingin mengecualikan folder dari diindeks. Untuk mengontrol pengaturan ini, tekan tombol Windows, ketik Indexing, klik Settings, dan tekan Enter.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar