Skip to main content

follow us

Ada Goa Mistis dan Tembok China di Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri adalah salah satu pantai di deretan kawasan pantai Pangandaran dengan letak tidak jauh dari Pantai Karang Nini. Posisinya ada di dusun Lembah Putri, desa Putra Pinggan, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Kondisi alam di pantai ini masih alami. Pantainya terbentang luas dan berhadapan dengan Samudra Hindia di selatan Pulau Jawa.

Eloknya alam Pantai Lembah Putri dapat diamat dengan jelas dari pendopo yang ada di atas bukit. Untuk ke sana mesti menaiki sejumlah anak tangga. Namun jika sudah sampai ke sana, terlihat pemandangan indah berupa hamparan laut termasuk Pantai Pangandaran, perkebunan jati, hingga sebagian dari Pulau Nusakambangan.

Selain melihat pemandangan, traveler bisa menjelajahi bukit di sekitar pantai. Di barat pantai ada muara Sungai Ciputra Pinggan. Traveler juga bisa mengunjungi Goa Ronggeng yang konon memiliki cerita mistis. Sebagian orang mengaku pernah mendengar suara musik dan gamelan ronggeng dari tempat ini.

Menurut kepercayaan adat setempat, dulunya wilayah Putra Pinggan ada kerajaan dan berhubungan dengan kisah Dewi Rengganis. Dia kerap menjalankan kesenian Ronggeng Gunung yang asli daerah Pangandaran.

Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

Klik gambar untuk memperbesar. Klik Esc di keyboard untuk kembali.

Di salah satu sudut pantai ada pula miniatur Tembok China. Tinggi temboknya sekira satu meter dengan lebar jalan satu meter pula. Tembok ni dibuat dari batu alam berwarna hitam. Untuk menyelesaikan perjalanan di tembok ini butuh tenaga ekstra untuk menaklukkannya bagi traveler yang jarang berolahraga.

Pantai Lembah Putri berada tiga kilometer dari Pantai Pangandaran. Jika naik motor hanya perlu waktu sekira 15 menit perjalanan. Transportasi yang menuju ke sana adalah bus. Namun jika berangkat dari Bandung, bisa naik kereta api dahulu untuk rute Bandung - Banjar yang berlanjut naik bus. Jika ingin tinggal lebih lama di Pantai Lembah Putri telah tersedia cottage di sana.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar