Skip to main content

follow us

8 Benda yang Sebaiknya Dibawa Saat Mudik Menggunakan Mobil

Banyak orang yang lebih suka membawa mobil untuk mudik ke kampung halaman. Selain perjalanan tidak menjadi terburu-buru, mudik membawa kendaraan seperti “ruhnya” perjalanan mudik lebaran. Antre panjang di jalanan mungkin ibarat sebuah realita yang justru menyenangkan dan dicari. Pasalnya, inilah rutinitas yang terjadi setahun sekali.

Namun kalau Anda memutuskan membawa mobil sendiri sebaiknya tidak melupakan untuk membawa berbagai piranti penting ini. Beragam benda berikut sangat membantu Anda selama perjalanan mudik lebaran :
  1. Repair kit. Ini adalah piranti standar untuk memperbaiki kerusakaan umum dari kendaraan. Biasanya berisi obeng dengan dua sisi berbeda, tang, dan kunci pas. Ada pula alat khusus untuk membuka-masukkan busi. Lengkapi piranti standar ini sebelum mudik pakai mobil.
  2. Dongkrak. Ban mobil tidak diketahui kapan kempes atau bocor. Dongkrak yang minimalis dapat dibawa selama perjalanan ke kampung. Namun dongkrak standar mungkin lebih berat digunakan dibanding dongkrak hidrolik. Jadi pikirkan apakah mau membawa dongkrak standar atau dongkrak hidolik kecil.
  3. Pompa ban listrik. Produk pompa seperti ini sudah banyak ditemukan di toko online dengan harga terjangkau. Untuk mengoperasikannya tingga ambil sumber listrik dari ligjter port dan ban pun bida ditambahkan angin.
  4. Kabel jumper. Ini diperlukan terutama pada mobil dengan transmisi otomatis ketika siketahui aki telah tekor. Kabel jumper dapat menghubungkan kendaraan dengan aki mobil lain dalam membantu proses starter.
  5. Kabel derek. Fungsinya jelas, yaitu berjaga-jaga kalau saja mobil mogok dan perlu diderek. Namun perhatikan kekuatannya dan kebutuhan yang diperlukan.
  6. Kotak obat. Piranti untuk pertolongan pertama medis ada baiknya disiapkan. Kotak ini diisi dengan beragam obat yang diperlukan selama perjalanan mudik lebaran.
  7. Senter. Senter akan sangat bermanfaat kala perjalanan dilakukan di malam hari. Perbaikan mobil di waktu malam akan terbantu pencahayaannya dengan bantuan senter.
  8. Bagasi luar atau roof box. Ini dibawa kalau diperlukan saja, terutama kalau bawaan terlampau banyak dan tidak bisa ditampung di bagasi atau kabin mobil.
Demikian itulah 8 Benda yang Sebaiknya Dibawa Saat Mudik Menggunakan Mobil pribadi. Selamat mudik lebaran tahun ini. Sebagai informasi tambahan dan sebagai pengingat saja; Jangan tergesa-gesa saat Anda mengendarai kendaraan yang Anda pacu. Seperti pepatah lama mengatakan; "Alon-alon Asal Kelakon". Ingat, keluarga Anda menanti kedatangan Anda dengan selamat sampai tujuan. Berhati-hatilah!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar