Skip to main content

follow us

4 Aplikasi Android yang Membantu Anda Selama Mudik Lebaran

Mudik Lebaran zaman sekarang akan sangat terbantu dengan keberadaan smartphone. Ponsel pintar kini menyuguhkan beragam fitur yang sangat membantu aktivitas navigasi terutama bagi mereka yang memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Pada smartphone berbasis Android, misalnya, di dalamnya sudah terdapat fitur GPS bawaan yang terintegrasi dengan aplikasi Google Maps. Navigasi selama mudik bisa dipantau secara realtime.

Di samping itu, beberapa aplikasi berikut ini juga cocok untuk dipasang di ponsel Android Anda saat akan melakukan kegiatan mudik ke kampung halaman. Berikut beberapa yang direkomendasikan diunduh lewat Play Store :
  1. Lewat Mana. Ini adalah apikasi yang memberikan layanan crowdsourcing. Anda bisa mendapatkan informasi jalan-jalan macet dengan bersumber dari kumpulan twit dari penggunanya yang sedang berada di jalanan. Lewat Mana juga berfitur sejumlah video live streaming dari kamera CCTV di berbagai ruas jalan. Dengan begitu Anda bisa menghindari atau lebih waspada terhadap kemacetan di jalan.
  2. Waze. Ini adalah aplikasi yang kini dimiliki oleh Google. Aplikasi ini akan melaporkan titik-titik kemacetan jalan. Cara aplikasi ini bekerja yaiu dengan menghitung kecepatan rata-rata pengguna yang melewati sebuah jalan (crowdsourcing). Di saming itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi rute alternatif dan turn by turn navigation. Anda tinggal masukkan tempat tujuan dan Waze segera menghitung rute yang paling efektif untuk dilalui. Kelemahan aplikasi ini yaitu tidak bisa mendeteksi titik kemacetandi suatu jalan kalau tidak ada penggunanya yang lewat jalan tersebut.
  3. Google Maps. Ini adalah aplikasi paling terkenal untuk urusan navigasi. Gmaps tidak hanya menawarkan informasi peta. Kini sudah dilengkapi fitur turn-by-turn navigation hingga mendeteksi kemacetan secara real time. Gmaps juga bisa memberikan rute alternatif bagi penggunanya.
  4. Here Maps. Ini adalah aplikasi navigasi bestan Nokia dengan cara kerja seperti Gmaps. Salah satu fitur menariknya adalah masih bisa mengakses peta secara offline jika suatu saat akses data internet mengalami kendala. Here Maps juga dilengkap fitur turn-by-turn navigation dan informasi kemacetan.
Nah itulah empat Aplikasi Android yang bisa Membantu Anda Selama Mudik Lebaran. Semuanya bisa di dapatkan ataupun di download di Aplikasi Playstore handphone android Anda. Semoga informasi ini membantu khususnya bagi Anda yang akan pulang ke kampung halaman (Mudik) Lebaran tahun ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar