Skip to main content

follow us

Seagate Wireless 500GB, Hardisk Ekternal Berdesain Warna-Warni, Transfer File Tanpa Kabel

Seagate Wireless 500GB - Berbicara mengenai hardisk ekstemal dengan kemampuan "transfer file wireless, Seagate telah menyediakannya melalui seri Wireless Plus. Kemudian pada event CES 2015, Seagate mengumumkan ketersediaan seri Wireless. Konsepnya sama seperti Wireless Plus, namun dikemas dalam bentuk yang lebih trendy dan kapasitas yang lebih kecil.

Desain Bodi
Seagate Wireless tersedia dalam 5 pilihan warna, yakni hitam, putih, biru, hijau dan merah. Yang terlihat unik adalah desainnya yang tidak umum untuk sebuah hardisk eksternal. Alih-alih menggunakan desain kotak, Seagate Wireless didominasi dengan sudut-sudut melengkung dengan permukaan yang cekung. Mengingatkan pada CD player portabel di tahun 1990-an. Pada permukaannya, terdapat tombol power dan indikator LED yang masing-masing menginformasikan kapasitas baterai, USB dan status WiFi.

Kemudian di bagian samping depan terdapat lubang untuk melakukan reset, berdampingan dengan port microUSB. Material bodinya adalah plastik, dengan permukaan matte untuk separuh ke bawah, dan permukaan karet untuk separuh ke atas. Dimensi bodinya adalah 125,36 x 125,36 x 24,5 mm, kira-kira sebesar fan casing 120 mm. Kemudian bobotnya adalah 281 gram, yang dimana cukup ringan untuk dibawa bepergian.

Yang membedakan Seagate Wireless dengan Wireless Plus adalah koneksi yang digunakan terbatas hanya USB 2.0. Dengan begitu proses transfer file dari PC ke drive ini dan sebaliknya memang menjadi sandungan.

Seagate Media App
Seagate Wireless dapat digunakan seperti hardisk eksternal konvensional dengan terkoneksi ke PC atau laptop via kabel USB. Namun Seagate Wireless didesain untuk gadget menggunakan koneksi wireless. Untuk itu diperlukan aplikasi Seagate Media App yang harus diinstal pada gadget Android, iOS atau Windows agar ketiga platform tersebut dapat melakukan transfer data. Pada contoh ini yang dicoba adalah versi Android.

Setelah didownload, cukup memilih "Seagate Wireless" pada daftar koneksi WiFi. Hal ini jelas diperlukan untuk menghubungkan gadget dengan Seagate Wireless. Selanjutnya cukup membuka aplikasi Seagate Media App, lalu proses browsing dan transfer file dapat dilakukan.

Menariknya adalah ketika gadget telah terkoneksi ke Seagate Wireless, Anda masih bisa mendapatkan koneksi internet. Hal ini berkat fungsi pass-through dari Seagate Wireless, memungkinkan gadget masih mendapatkan koneksi WiFi dari hotspot lain sambil terkoneksi secara wireless ke drive Seagate.

Pada Seagate Media App, Anda dapat menggunakan menu untuk mencari file. Aplikasi akan mengelompokkan tipe file dalam folder tersendiri, yakni Video, Photos, Music dan Documents. Jadi misalnya Anda menyalin file dari PC atau laptop ke Seagate Wireless secara acak, Seagate Media App akan mengelompokkan secara otomatis.

Seagate Wireless dapat terhubung dengan 3 gadget secara bersamaan, dan Anda dapat memberikan pengamanan berupa password agar tak semua orang dapat mengakses file di dalam drive. Untuk performa melakukan streaming video, tak.perlu diragukan lagi karena streaming video 1080p ke 3 buah smartphone dapat dilakukan tanpa lag atau buffering.

Daya Tahan Baterai
Seagate mengatakan bahwa baterai dapat bertahan hingga 6 jam, namun tidak dijelaskan dalam kondisi seperti apa.

Spesifikasi Seagate Wireless 500GB
  • Kapasitas penyimpanan 500GB
  • Wi-Fi Support
  • Kabel + Port USB 2.0
  • Bisa terhubung hingga ke 3 perangkat
  • Kompatibel dengan: Windows, Mac, iOS, Android, Kindle Fire.
Harga Seagate Wireless 500GB : Rp 2.150.000

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar