Skip to main content

follow us

CM Storm Alcor, Gaming Mouse Berdesain Nyaman Dengan Sensor Akurat

Brand CM Storm sudah beredar sejak tahun 2008 dan berbagai jenis mouse, keyboard dan mousepad telah dirilis membawa berbagai fitur yang menarik untuk para gamer. Kali ini yang akan diulas adalah seri gaming mouse CM Storm Alcor. Membawa optical sensor Avago 3090 yang dikenal dengan keakuratannya, mouse ini mendukung resolusi maksimal 4.000 DPI yang dapat diubah dalam 4 tingkat berbeda secara on-the-fly. Berikut lengkapnya.

Desain Bodi
Melihat mouse ini dari atas, CM Storm menempatkan gaming badge mereka di bagian punggung mouse. Bodinya didominasi dengan warna hitam dan berlapis permukaan matte yang membuatnya terasa nyaman untuk digenggam dan tidak mudah selip.



Alcor tak membawa tombol dengan jumlah yang banyak, membuatnya tetap simple. Tedapat tombol klik kiri, klik kanan, scroll wheel yang juga dapat diklik, 2 tombol switch DPI, serta 2 tombol di sisi kiri bodi untuk dijangkau dengan ibu jari. Untuk scroll wheel dilapisi dengan bahan karet bertekstur, sehingga membuat aktivitas scrolling lebih alurat.

Di sisi kiri dan kanan bodinya (khususnya tempat ibu jari serta jari manis dan kelingking beristirahat), Alcor tidak memiliki permukaan tambahan dengan lapisan karet. Selain mengurangi biaya, sepertinya Anda tak akan membutuhkannya kecuali Anda memiliki telapak tangan yang sangat berkeringat. Apalagi permukaan matte yang menyelimuti bodinya sudah memberikan poin tersendiri untuk grip di tangan. Sebagai gantinya, sisi kiri dan kanan bodinya memiliki lekukan untuk menempatkan ibu jari, jari manis dan kelingking sehingga membuatnya cocok untuk style palm dan claw.

Kedua tombol yang ada di sisi kiri memiliki panjang yang berbeda, dimana yang di depan lebih pendek dibanding yang belakang. Saat ditekan, kedua tombol ini juga memberikan respon yang baik dan input juga dapat ter-register dengan cepat. Hanya memang terasa lebih keras dibandingkan tombol samping di mouse gaming kebanyakan.

Beralih ke bagian bawah mouse, terdapat optical sensor Avago 3090 yang sudah menjadi standar bagi mouse gaming optical setidaknya semenjak 2 tahun lalu. Optical sensor ini memiliki kualitas tinggi dan mendukung tingkat resolusi hingga 4.000 DPI. Cocok bagi gamer yang memerlukan gerakan cepat tetapi akurat seperti pada game-game MOBA atau MMO.

Kemudian terdapat juga 4 buah rubber pada keempat sudutnya. Ukurannya termasuk kecil untuk sebuah mouse gaming, namun sudah dapat bergerak di permukaan meja denga baik. Hanya saja Anda harus sering membersihkannya jika kotor.

Performa
Alcor tidak dibekali dengan fitur-fitur ekstra atau macro sekalipun. Hal ini membuatnya cocok bagi Anda yang tetap menggunakannya untuk bekerja, namun juga untuk bermain game. Yang terasa nyaman di sini adalah performa dari sensornya. Tak terasa adanya patahan sudut saat pengetesan membuat gambar lingkaran, dan mouse pun mudah untuk dikontrol walau pada tingkat DPI maksimum sekalipun.

Berbicara mengenai DPI, Anda dapat mengubahnya dalam 4 tingkat dengan menekan tombol DPI switch yakni 800, 1.600, 3.200 dan 4.000 DPI. Tiap perubahan tingkat DPI akan ditandai dengan perubahan warna dari logo CM Storm yang berpendar di punggung mouse. Di website CM Storm pun terdapat beberapa firmware yang dapat digunakan untuk menyesuaikan tingkat DPI (beberapa firmware membatasi tingkat DPI hanya sampai 2.000 DPI saja).

Anda yang menyukai sebuah desain mouse yang simple dapat melirik CM Storm Alcor. Tampilannya tidak terlalu "gaming banget" namun jelasnya membawa kemampuan untuk bermain game dengan maksimal melalui performa optical sensornya.

Spesifikasi CM Storm Alcor
Grip Type: Palm | Material: Soft Touch Paint Coating | Color: Black | LEDs: Yes, 4 colors | Sensor: Avago 3090 Optical Sensor | CPI / DPI: Up to 4000 | Tracking Speed: 60 ips | Lift Off Distance: < 4.4mm | Polling Rate: 1000 Hz / 1 ms | Connector Cable: USB 2.0 1.8 m | Dimensions L x W x H: 124.8 x 60.4 x 40.2 mm | Weight: 120 g

Harga CM Storm Alcor : Rp 680.000

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar