Skip to main content

follow us

Cara Tepat Atasi Bibir Hitam

Tips Memerahkan Bibir Hitam - Bibir yang merah merekah adalah idaman setiap wanita karena akan membuat penampilan semakin cantik dan menarik. Akan tetapi beberapa wanita terkadang memiliki bibir yang kehitaman yang disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah pada wanita yang sering menggunakan kosmetik atau lipstik dapat menyebabkan bibir menghitam. Hal tersebut tentu sangat memengaruhi tingkat rasa percaya diri. Lantas bagaimana mengatasi bibir yang menghitam?

Kecantikan alami yang terpancar dari wajah sangat menunjang penampilan. Kulit yang halus berseri serta bibir merah merona akan memberikan kecantikan yang sempurna. Namun terkadang bibir yang berubah menjadi hitam menjadi kendala bagi kesempurnaan kecantikan.

Banyak faktor yang menyebabkan bibir menjadi hitam seperti penyakit, kosmetik atau lipstik yang ternyata dapat memberikan efek yang kurang baik terhadap bibir. Paparan sinar matahari, rokok, akibat sering menggigit bibir serta terlalu banyak konsumsi kafein juga memengaruhi warna bibir.

Seperti dikatakan oleh dr. Yeyen Yovita Mulyana, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, bibir yang menghitam disebabkan oleh banyak faktor. Yang paling sering terjadi adalah faktor akibat penggunaan lipstik dan merokok. Tak hanya itu, kekurangan vitamin C, zat besi serta dehidrasi akan membuat bibir menjadi kering dan terlihat hitam.

Tips, Cara Mengatasi Bibir Hitam
Bibir yang mulai menghitam sebaiknya rutin diberikan perawatan dan pengobatan agar kembali cerah merona. Ada beberapa cara yang dapat mengembalikan warna bibir menjadi merah, namun tidak sembarangan. Berbeda penyebab, maka cara mengatasinya pun berbeda. Jadi, mengatasi bibir hitam dengan cara yang tepat sebaiknya diatasi sesuai dengan penyebabnya.

Berikut beberapa cara tepat mengatasi bibir hitam sesuai dengan penyebab:
  1. Rokok. Pada umumnya orang yang sering merokok akan cenderung memiliki bibir hitam. Hal tersebut karena kandungan nikotin yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan pigmen melanin bibir menjadi tebal dan berwarna hitam. Hal yang paling tepat untuk dilakukan adalah berhenti merokok. Karena pada umumnya warna bibir akan berubah menjadi hitam diakibatkan oleh rokok. Saat menghisap rokok yang dilakukan secara terus menerus bibir akan terkena panas yang dapat mematikan sel-sel darah merah yang kemudian menimbulkan timbunan pigmen pada bibir. Tak hanya itu, karbon dari hasil pembakaran rokok dapat menyebabkan warna bibir menjadi lebih pekat dan pecah-pecah.
  2. Kosmetik. Kosmetik yang dimaksud dapat membuat bibir hitam adalah lipstik. Meskipun bagi wanita lipstik dapat mempercantik bibir, namun lipstik juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Lipstik memiliki kandungan parafin dan logam berat yang bisa menimbulkan iritasi pada bibir. Oleh sebab itu, sebaiknya dalam penggunaannya tidak boleh terlalu lama karena bisa menyebabkan penumpukan zat-zat kimia pada bibir. Selain itu, setelah menggunakan lipstik sebaiknya harus cepat dibersihkan agar zat-zat kimianya tidak terlalu lama menempel pada bibir. Hal yang sering terjadi pada pemakaian lipstik adanya terjadinya dermatitis kontak alergi. Jika sudah seperti ini biasanya akan diberikan antiinflamasi terlebih dahulu atau mengganti lipstik yang biasa digunakan dengan lipstik lainnya.
  3. Kafein. Konsumsi kafein yang lebih dari 2 cangkir dalam sehari bisa menyebabkan bibir menjadi hitam. Dengan konsumsi bibir akan berubah kekuningan lalu menjadi hitam. oleh karena itu sebaiknya kurangi konsumsi kafein untuk mencegah bibir menjadi hitam.
  4. Kekurangan Vitamin. Kekurangan vitamin, seperti Vitamin C, zat besi serta dehidrasi dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan terlihat hitam. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya diberikan vitamin serta asupan gizi dan air yang cukup. Selain itu, sebaiknya tidak lupa menggunakan pelembab bibir.
  5. Sinar Matahari. Terkena sinar matahari secara terus-menerus akan menyebabkan bibir menjadi hitam. Maka jika berada di luar ruangan sebaiknya menggunakan lipstik atau lipbalm yang memiliki kandungan SPF 15.
  6. Menjilat Bibir. Salah satu faktor yang sering terjadi dan tidak disadari adalah menjilat bibir. Oleh sebab itu sebaiknya hentikan kebiasaan menjilat bibir, karena kebiasaan ini akan menyebabkan bibir menjadi hitam.
Selain itu, ada beberapa faktor lain yang penanganannya harus dilakukan oleh dokter. Misalnya jika penyebab bibir hitam adalah faktor genetik, maka mengatasinya harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, pada faktor ini ada penyakit tertentu seperti Peutz-Jeghers Syndrome. Peutz-Jeghers Syndrome adalah gangguan yang sering diturunkan melalui keluarga, memicu polip usus dan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan jenis kanker tertentu.

Selain genetik, faktor lain yang dapat menyebabkan bibir hitam adalah hormonal. Faktor hormonal ini biasanya terjadi pada wanita saat sedang hamil. Pasalnya, meningkatnya hormon estrogen juga bisa menyebabkan pigmentasi pada kulit dan bibir. Begitu pula konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kanker, antimalaria, . antidepresan, dan antipsikotik juga dapat menyebabkan pigmentasi. Maka hal-hal tersebut dikonsultasikan pada dokter.

Mengatasi Bibir Hitam Dengan Bahan Alami
Mengatasi bibir hitam juga dapat menggunakan bahan alami, seperti madu, jeruk nipis, gliserin, serta gula dan lemon:
  1. Madu. Madu memiliki fungsi yang sangat baik dalam memerahkan bibir. Madu sangat berkhasiat dalam memelihara sel-sel kulit bibir. Pemakaian madu sebaiknya dioleskan pada bibir secara merata sebelum tidur. Madu akan menyerap dan mengembalikan keremajaan sel-sel bibir. Jika digunakan rutin setiap malam, maka warna bibir akan kembali merah.
  2. Jeruk Nipis. Secara umum telah diketahui bahwa jeruk nipis dapat memutihkan sesuatu. Begitu juga khasiat dalam mengembalikan warna bibir yang hitam. Caranya dengan mencampurkan air mendidih dengan jeruk nipis dan berikan sedikit madu, lalu oleskan pada bibir lalu diamkan beberapa saat. Setelah dioleskan, bibir bisa dibilas dengan menggunakan air hangat. Gunakan campuran jeruk nipis dan madu secara rutin, maka bibir akan kembali berwarna merah.
  3. Gliserin. Gliserin dapat digunakan untuk memijat bibir untuk mengembalikan warna merah bibir. Pasalnya, gliserin merupakan salah satu bahan yang bisa memerahkan bibir yang biasanya digunakan untuk campuran kosmetik.
  4. Gula dan Lemon. Sel-sel kulit mati juga dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Untuk mengatasinya, dapat dibuat scrub dari gula dan lemon untuk dioleskan pada bibir. Campuran ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati.
Cara Mengembalikan Warna Merah Pada Bibir tersebut cukup efektif untuk dilakukan. Namun sebaiknya jangan sampai lupa untuk membersihkan bibir setiap malam dengan menyikat gigi. Pasalnya, pada saat menyikat gigit, selain membersihkan gigi, bibir juga akan ikut dibersihkan: Menjaga bibir agar tetap sehat akan memberikan efek bibir merah secara alami dapat meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar