Skip to main content

follow us

Cara Menampilkan File Yang Hilang Oleh Virus Di Flashdisk

Menampilkan File Yang Hilang Oleh Virus Di Flashdisk. Saat paling menjengkelkan ketika Flashdisk atau hardisk kita tiba-tiba tidak terbaca oleh komputer. Bahkan kacaunya file kita hilang sama sekali sampai flashdisk / hardisk kita rusak total. Nah dari hal itu perlu kita antisipasi, terutama menghindari “panik” yang kadang berlebihan. Mari kita hindari kepanikan itu dengan mengetahui sebab kenapa file kita hilang/ disembunyikan oleh virus.

Penyebab umumnya sering masuk keluar flashdisk ke komputer yang sering berinteraksi dengan flashdisk. Contoh: memasukan flashdisk pada komputer warnet, tempat jasa pengetikan, percetakan offset dan sebagainya. Atau juga komputer teman yang “kurang perawatan”. Hal demikian sudah biasa terjadi.

Cara kerja virus ini cukup sederhana, yakni merubah setiap folder yang ada diflashdisk/ hardisk menjadi file “aplication, shortcut, batchfile”. Sebenarnya 99.9% file anda yang terdapat diflashdisk/ hardisk itu aman-aman saja, namun kurang nyaman bagi pemiliknya.

Gambar : 1

Gambar : 2

Ok langsung ke TKP saja, Caranya :
  • Masukan flashdisk yang bermasalah
  • Buka organize, folder and search option
  • Pilih menu view
  • Centang opsi yang ada di advanced settings yaitu pada “show hidden files, folders, and drivers” Hilangkan centang pada “hide protected operating system files (recommended)” dan akan muncul pertanyaan dan klik “yes”
  • Selanjutnya klik “ok”

Gambar : 3

Lihat folder pada flashdisk/ hardisk anda terlihat. Namun belum sempurna. Nah untuk menampilkan secara sempurna ikuti langkah dibawah ini :

1. Klik start menu
2. Carilah “run” dengan mengetikkan kata “run” pada kolom find dibawahnya. Atau bisa langsung menekan tombol windows dikombinasikan dengan tombol R.
3. Ketiklah “cmd” yang artinya Command Prompt

Gambar : 4

4. Lalu ketiklah dimana posisi flashdisk anda. Contoh letak flashdisk anda pada “Removable Disk F”, maka ketikalah huruf “F:”(tanpa tanda kutip) lalu enter.

Gambar : 5

5. Setelah itu, ketiklah “attrib –s –r –h /s /d” (tanpa tanda kutip) dan enter.
6. Tunggulah sampai proses selesai.

Setelah file yang di hidden tampil, maka kita kembalikan posisi seperti semula pada “organize, folder and search option” tadi.

Demikian itulah Cara Singkat Menampilkan File yang Hilang Oleh Virus yang bisa kami informasikan pada kesempatan kali ini. Bagi anda yang tengah mengalaminya, silahkan di coba cara di atas. Mudah-mudahan bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar