Skip to main content

follow us

Cara Membuat Kolak Pisang Istimewa

Cara Membuat Kolak Pisang. Pada umumnya kolak merupakan salah satu makanan yang biasa disajikan untuk tajil saat berbuka puasa di bulan suci Ramadhan. Kolak atau kolek yang di temui di luar sana sangat bervariasi, ada kolak nangka, kolak cangkaleng, Ubi, Nanas, dan lain sebagainya. Nah, terlepas dari beberapa kolak tersebut pada kesempatan kali ini kita punya tips membuat kolak pisang. Kolak pisang sudah tentu bahan dasarnya pisang, kitapun bisa memilih pisang apa yang kita suka, baik pisang raja, pisang ambon, pisang lampeneng, dan sebagainya.

Terkait kolak pisang, ada di antaranya yang hasilnya agak ganjil (tidak sesuai dengan yang di harapkan), di antaranya berubahnya warna pisang menjadi kecoklatan, dan itu sudah tentu menentukan kualitas rasa dari setiap saji-nya. Lalu, bagaimana cara membuat kolak pisang agar warnanya tidak berubah menjadi kecoklatan ? Baik, silahkan simak resep membuat kolak pisang ini selengkapnya, berikut di bawah ini :

Bahan-bahan :
  • 5 buah pisang
  • ½ buah kelapa diparut
  • 2 buah gula aren
  • Air putih secukupnya
  • 1 lembar daun pandan
Cara Membuat Kolak Pisang :
  1. Pertama-tama parut ½ buah kelapa yang sudah di kupas, ambil buahnya saja yang berwarna putih. Parut isi buah kelapa sampai halus.
  2. Selesai diparut sediakan air putih secukupnya untuk dituangkan ke dalam parutan kelapa, ambil air santannya saja.
  3. Kupas pisang dan buang kulitnya, cuci bersih dengan air kemudian potong pisangnya menjadi beberapa bagian. Namun jangan terlalu kecil dan buat potongan yang melingkar.
  4. Sediakan 4/5 gelas air ke dalam panci yang sudah di atas kompor, tunggu airnya hingga mendidih. Lalu masukkan potongan pisang ke dalam panci.
  5. Tunggu selama 15-30 menit sampai pisangnya benar-benar matang.
  6. Setelah pisangnya matang, matikan apinya terlebih dahulu lalu angkat pancinya.
  7. Buang air hasil rebusannya, tiriskan pisangnya ke dalam wadah yang kosong.
  8. Masak dua buah gula aren dengan 3 gelas air sampai gulanya mencair.
  9. Apabila gulanya sudah mencair, masukkan rebusan pisang, santan dan 1 lembar daun pandan.
  10. Aduk rata, tunggu selama 10 menit.
  11. Angkat dan tuangkan kolak ke dalam mangkuk.
  12. Kolak pisang siap untuk di sajikan.
Nah demikian itulah Cara Membuat Kolak Pisang Istimewa yang bisa di sajikan pada kesempatan kali ini. Jika Anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk share ya! Jangan lewatkan juga info resep lainnya yang akan kami sajikan di kesempatan berikutnya. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar