Skip to main content

follow us

Bacaan Doa-doa Saat Berwudhu Dan Setelah Wudhu

Dalam Islam di ajarkan untuk senantiasa berdoa sebelum melakukan aktivitas apapun. Buat orang Muslim sendiri Bacaan Doa-doa Saat Berwudhu Dan Setelah Wudhu bukan hal yang aneh. Karena tata cara dan bacaan wudhu sendiri telah di ajarkan dari sejak kecil, dan termasuk pelajaran dasar sebelum mempelajari pengetahuan Islam lainnya termasuk yang mengarah pada masalah tata cara beribadah. Akan tetapi walaupun demikian tidak menutup kemungkinan seseorang bahkan saya sendiri kadang lupa, walaupun itu merupakan hal yang sering dilakukan. Masalah lupa manusiawi memang, semua orang tentu pernah mengalaminya.

Nah, jika pada kesempatan kali ini Anda menjadi salah satu di antara yang lupa dalam hal ini mengenai bacaan wudhu dan bacaan doa setelah berwudhu, jangan khawatir,.. karena berikut di bawah ini telah saya persiapkan urutan dalam wudhu beserta doa termasuk artinya. Silahkan simak dan bila perlu catat Bacaan Doa-doa Saat Berwudhu Dan Setelah Wudhu ini untuk membantu mengingat kembali.

1. Doa Membasuh Telapak Tangan

( Ya Allah, jagalah kedua tanganku dari bermaksiat kepadamu)

2. Doa Berkumur-kumur

( Ya Allah, tetapkanlah aku untuk membaca kitabmu, memperbanyak dzikir kepadamu, dan tetapkanlah ucapanku dengan ucapan yang benar didunia dan akhirat)

3. Doa Menghirup Air Ke Hidung

( Ya Allah, ciumkanlah oleh-Mu untukku akan wangi-wangian syurga )

4. Doa Niat Wudhu (dibaca ketika membasuh muka yang k-1)

(Saya niat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena fardu lillahita`ala)

5. Doa Membasuh Muka

(Ya Allah, putihkanlah wajahku dengan cahaya-Mu pada hari diputihkannya wajah para kekasih-Mu dan jangan engkau hitamkan wajahku dengan kegelapanmu pada hari dihitamkannya wajah para musuh-Mu).

6. Doa Membasuh Tangan Kanan

(Ya Tuhan, berikanlah (kelak) suratan amalku pada tangan kananku, dan beri hisablah ia dengan penghisaban yang sedikit)

7. Doa Membasuh Tangan Kiri

(Ya Allah, janganlah Engkau berikan suratan amalku pada tangan kiriku dan jangan dari belakangku)

8. Doa Membasuh Kepala

(Ya Allah, jauhkanlah rambut dan kulit badanku dari api neraka)

9. Doa Membasuh ke-2 Telinga

(Ya Allah, jadikanlah aku seperti mereka yang mendengar kata-kata yang baik, dan mengikuti akan mereka yang sebaik-baiknya).

10. Doa Membasuh Kaki Kanan

(Ya Allah, tetapkanlah kiranya kedua kakiku di atas jemabatan shirotol mustaqim beserta kaki para hambamu yang sholeh)

11. Doa Membasuh Kaki Kiri

(Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari tergelincirnya kedua kakiku diatas jemabatan shirotol mustaqim pada hari digelincirkanya
kaki orang-orang munafiq dan musyrik).

DOA SETELAH WUDHU

( Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci. Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepada-Mu).

Demikian informasi mengenai Bacaan Doa-doa Saat Berwudhu Dan Setelah Wudhu ini. Semoga dengan informasi ini bisa membantu Anda khususnya yang tengah membutuhkannya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar